Burung Hantu Bisa Berenang? Kira-Kira Bisa Apa Lagi ya…

  • Bagikan
Ilustrasi burung hantu/Pixabay
Ilustrasi burung hantu/Pixabay

Tugujatim.id – Burung hantu memang menjadi salah satu satwa yang sudah populer sejak lama. Ada yang mengaitkan burung hantu dengan dunia magis, mistis, dan klenik.

Salah satunya saat dipopulerkan oleh film “Harry Potter” sebagai satwa yang mengantarkan surat di dunia penyihir. Namun ternyata, di Inggris justru kemunculan burung hantu dianggap sebagai pembawa keberuntungan lho.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Tugu Jatim pun sudah mengumpulkan 5 fakta menarik mengenai burung hantu, apa saja ya…?

1. Burung Hantu Bisa Berenang di Lautan!

Ada seorang fotografer yang bernama Steve Spitzer yang berhasil mengambil video burung hantu berenang di lautan, lokasinya di Pantai Loyola Park, Chicago, Amerika. Yang berenang termasuk  jenis burung hantu tanduk besar saat ingin menghindari serangan dari dua elang pemangsa. Hal ini tentunya mengejutkan, mengingat selama ini anggapan kita mengenai burung hanya bisa terbang, tapi untuk kasus burung hantu ternyata bisa berenang!

2. Tak Semua Burung Hantu Aktif saat Malam Hari

Kalau burung hantu terkenal dengan gaya hidup di malam hari bernama “nocturnal”, tapi ternyata hal itu tidak berlaku untuk semua burung hantu. Ada burung hantu yang berperilaku “diurnal”, berburu di siang hari. Misalnya burung hantu abu-abu (Strix nebulosa), burung hantu elang utara (Surnia ulula), dan burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma). Mungkin karena mangsanya keluar di siang hari, membuat burung hantu jenis itu juga perlu keluar di siang hari.

3. Burung Hantu Punya Leher yang Luar Biasa

Ada 14 bagian vertebra leher yang dimiliki oleh burung hantu serta sekitar 2 kali lebih banyak dari milik manusia. Anatomi tubuh yang unik itu membuat burung hantu bisa memutar kepala sampai 270 derajat. Menakjubkan sekali ya! Mengapa burung hantu bisa melakukan itu? Sebab, dia mempunyai tulang belakang yang berlubang berukuran 10 kali ukuran pembuluh darah pembawa hewan sehingga banyak ruang geraknya.

4. Burung Hantu Terbesar Sudah Punah!

Ada jenis burung hantu terbesar yang bernama “ornimegalonyx” dari Kuba. Para ahli tidak yakin apakah burung hantu setinggi 1,1 meter tersebut dapat terbang atau tidak, tapi burung hantu dari Kuba itu mempunyai kaki yang amat kuat dan panjang, kemungkinan dapat berlari dengan amat cepat. Apabila “ornimegalonyx” dapat terbang, dia menjadi burung penerbang terbesar yang pernah dikenal di dunia satwa.

5. Membantu Mendamaikan Timur Tengah

Jenis burung hantu bernama Barn atau “tyto alba” membawa perdamaian ke Timur Tengah, mempertemukan petani dan ilmuwan di kedua belah pihak yang berseteru untuk berbicara dan bekerja satu sama lain. Burung hantu Barn merupakan pemburu “tikus bintang” dan “vole”, sejenis tikus yang gemuk. Hal itu mendorong petani di Israel, Yordania, dan Palestina bekerja sama memasang kotak-kotak untuk burung hantu agar bisa bersarang. Jadi, petani tidak perlu menggunakan racun peptisida untuk membunuh tikus.

Wow, bagaimana mengenai fakta menarik dari burung hantu yang sudah disajikan Tugu Jatim ini. Oh iya, burung hantu juga identik dengan karakter “bijaksana”. Sepertinya ada sebagian pembaca yang belum mengetahui banyak mengenai burung hantu, semoga informasi ini bermanfaat ya… (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan