5 Cara Meningkatkan Kinerja saat WFH

  • Bagikan
cara meningkatkan kinerja saat WFH work from home
Ilustrasi kerja dari rumah. (Foto: Pixabay)

WFH (Work From Home) menjadi istilah yang populer di masa pandemi ini. Mengapa? Sejumlah pekerja diharuskan untuk bekerja dari rumah demi meminimalisir angka positif COVID-19 di Indonesia. Tentu saja semua orang membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Maka dari itu, untuk mengatasi kejenuhan yang ada, dibawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan kinerja WFH Anda.

1. Maksimalkan cahaya di siang hari

Bagi para pekerja yang melaksanakan WFH, tentunya tidak asing dengan kata “begadang”. Tidur larut untuk menyelesaikan deadline kantor sudah menjadi rutinitas. Anda perlu sesekali keluar pada saat matahari terbit untuk memberikan mood yang baik bagi hati. Selain itu, Anda juga dapat bekerja di dekat jendela supaya mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

2. Memberikan waktu re-charge bagi diri sendiri

Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk memberikan charge atau energi baru terhadap diri sendiri. Melakukan hobi seperti menanam dan menyiram tumbuhan, melepaskan diri dari gawai, berjalan-jalan di sekitar rumah bukanlah ide yang buruk.

3. Konsisten terhadap kantor yang Anda ciptakan

Anda harus konsisten terhadap pilihan dan keputusan yang Anda ciptakan guna meningkatkan kinerja WFH. Hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya dan tidak menunda dengan melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu aktivitas WFH Anda.

4. Rehat dari gawai

Menurut penelitian, dibutuhkan sekitar 23 menit dan 15 detik untuk memfokuskan kembali dengan benar pada kegiatan yang dilakukan setelah adanya gangguan. Covid-19 membuat orang – orang menghabiskan waktu dengan berselancar pada gawai yang mereka miliki. Hal ini sangat memungkinkan gawai merupakan gangguan terbesar siapapun saat melakukan WFH. Sebaiknya Anda beristirahat dari gawai dan mencoba untuk mengalihkan perhatian yang Anda punya.

Baca Juga: Label Syariah Dijadikan Modus Developer Nakal Tipu Konsumen

5. Jalan-jalan santai

Dapat dipastikan Anda akan berada di fase jenuh saat mengerjakan WFH yang sudah dilakukan beberapa bulan ini. Oleh karena itu, Anda wajib mencari ruang terbuka yang lebar untuk memfokuskan pikiran Anda kembali agar menjadi segar dan siap untuk menyelesaikan deadline Anda. Anda juga dapat melakukan jalan-jalan santai di ruang terbuka tersebut untuk merilekskan pikiran Anda akibat WFH. (Nurul K/gg)

 

Referensi: The Guardian

  • Bagikan