Dr Aqua Dwipayana: Kedepankan Rasa Syukur untuk Tingkatkan Semangat Melayani - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana: Kedepankan Rasa Syukur untuk Tingkatkan Semangat Melayani

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana saat mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan tema “Meningkatkan Semangat Melayani Publik”, pada Kamis (12/8/2021) siang. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Dr Aqua Dwipayana saat mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan tema “Meningkatkan Semangat Melayani Publik”, pada Kamis (12/8/2021) siang. (Foto: Dokumen)

MATARAM, Tugujatim.id – Pada masa krisis seperti saat ini, rasa bersyukur harus selalu dikedepankan. Hanya dengan bersikap demikian, maka kita tetap bisa menjalani hidup dengan penuh keikhlasan dan kebahagiaan. Kemudian secara bertahap dapat melewati situasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangannya ini.

Demikian ditegaskan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan tema “Meningkatkan  Semangat Melayani Publik”, pada Kamis (12/8/2021) siang.

Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang dilakukan daring dan luring itu dipimpin General Manager ASDP Cabang Lembar Muhammad Yasin. Juga diikuti pegawai yang bertugas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Selain itu Nakhoda KMP Roditha Arid Akbar bersama jajarannya yang sedang berlayar dari Bali ke Nusa Tenggara Barat mengikuti dari kapal tersebut.

Sedangkan Pimpinan BRI Cabang Mataram Bayu Adityo yang menginiasi acara itu hadir sebagai tamu kehormatan. ASDP Cabang Lembar adalah mitra utama BRI Cabang Mataram.

Kegiatan itu merupakan rangkaian Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua selama dua hari, Rabu dan Kamis, 11 dan 12 Agustus 2021 dan bahkan dilanjutkan Jumat, 13 Agustus 2021 dengan menggelar aktivitas serupa di Provinsi Bali. Dengan demikian motivator ulung ini memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara maraton sebanyak  enam sesi.

Sesi materi yang dibawakan oleh Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai ASDP Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (12/8/2021) siang. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Sesi materi yang dibawakan oleh Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai ASDP Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (12/8/2021) siang. (Foto: Dokumen)

Doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman di empat institusi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yakni BRI Cabang Mataram, RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, ASDP Cabang Lembar, dan Direktorat Polair Polda Nusa Tenggara Barat.

Pada Kamis sore, 12 Agustus 2021,  sesudah semua acara di Nusa Tenggara Barat tuntas, Dr Aqua meninggalkan Lombok dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Hanya satu agendanya yakni pada Jumat pagi, 13 Agustus 2021 Sharing Komunikasi dan Motivasi di Direktorat Polair Polda Bali yang dipimpin Kombes Pol Toni Ariadi.

Siangnya pembicara yang memiliki jam terbang tinggi ini naik pesawat Citilink ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta kembali ke rumahnya di Bogor. Begitu tiba  langsung memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi via daring kepada lebih dari 3.000 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali.

Jadi, selama minggu kedua Agustus 2021 ini, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu memberikan enam sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi baik secara langsung maupun virtual kepada ribuan orang. Di masa pandemi, produktivitas Dr Aqua justru semakin meningkat.

Rasa bersyukur atas karunia yang kita terima sekecil apapun, lanjut Dr Aqua, akan menjadi pemicu semangat melayani masyarakat yang saat ini membutuhkan layanan optimal dari setiap pegawai. Meski masih suasana pandemi Covid-19 jangan sampai mengurangi kualitas pelayanan kepada setiap pemakai jasa ASDP Cabang Lembar baik pengguna pelabuhan maupun para penumpang kapal.

“Semua pegawai harus banyak bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tetap sehat. Juga tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) seperti yang dialami banyak orang. Bahkan tidak ada pemotongan gaji. Hanya sebagian orang saja termasuk seluruh pegawai ASDP yang menikmati ‘privilege’ ini. Jadi syukurilah semua itu,” tegas Dr Aqua.

Terkait dengan wujud rasa syukur ini, salah satunya, lanjut pria yang memiki jiwa sosial yang tinggi itu, dapat ditunjukkan dengan terus meningkatkan kinerja dalam aspek apapun. Hal itu merupakan aktivitas yang sangat mulia.

  • Bagikan