Haul Virtual Gus Dur ke-11: Refleksi Rekam Jejak dan Warisan Kemanusiaan - Tugujatim.id

Haul Virtual Gus Dur ke-11: Refleksi Rekam Jejak dan Warisan Kemanusiaan

  • Bagikan
Haul Virtual Gus Dur ke-11 bersama Tugu Malang dan Tugu Jatim. (Foto: Dokumen)
Haul Virtual Gus Dur ke-11 bersama Tugu Malang dan Tugu Jatim. (Ads event)

MALANG, Tugujatim.id – Mengenang wafatnya Presiden RI ke-4 KH. Abdurrachman Wahid atau yang akrab dikenal sebagai Gus Dur. Tugu Media Group (Tugumalang.id dan Tugujatim.id) berkolaborasi dengan Ikatan Alumni (IKA) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) untuk menggelar Haul Virtual Gus Dur ke-11, pada 29 Desember 2020, mendatang.

Menurut Ketua Pelaksana sekaligus General Manajer Tugumalang.id, Fajrus Siddiq, kegiatan yang mencakup doa bersama ini bertujuan untuk mengenang jasa sang guru bangsa.

Di samping itu, juga merefleksikan rekam jejak Gus Dur yang kerap berada di garda terdepan dalam menegakkan spirit kemanusiaan hingga budaya toleransi semasa hidupnya.

Baca Juga: Kala Mahasiswa S3 Asal Blitar Produksi Arang untuk Bertahan di Masa Pandemi

Termasuk menghidupkan warisan Gus Dur dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara ke berbagai elemen masyarakat.

“Ini sebagai wujud apresiasi kami atas kontribusi beliau dan nilai-nilai kemanusiaan yang banyak ditinggalkan hingga sekarang. Kegaitan ini juga sekaligus mempererat silaturahmi antar umat beragama sekaligus menjunjung tinggi keberagaman bangsa, budaya dan agama,” katanya

Bertajuk “Aktualisasi Pemikiran Gus Dur dalam Penguatan Kebhinekaan NKRI”, kegiatan ini akan dihadiri oleh tokoh narasumber dari berbagai kalangan. Antara lain, Alissa Wahid, Koordinator Jaringan Gusdurian.

Kemudian, Eko Sriyanto Galgendu, Sahabat Gus Dur sekaligus Ketua Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia yang akan bercerita tentang sosok maupun spirit Gus Dur dalam Kebhinekaan.

Lalu, Muhammad Nurudinn, selaku santri Gus Dur dan Ketua IKA Unisma yang akan berbincang tentang membaca Gus Dur dan membaca Indonesia. Dr. Aqua Dwipayana, pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, siap berbicara tentang Komunikasi dan Keberagaman.

Baca Juga: Pengelola Wisata di Kabupaten Malang Dilarang Gelar Pesta Tahun Baru

Prof. Dr. Abdul Haris M, Ag, selaku Rektor UIN Maliki Malang yang turut memaparkan pergulatan pemikiran Gus Dur di kalangan aktivis. Pun, gak ketinggalan R.T Sudarno Hadipuro, Wakil Ketua Perhimpunan INTI (Indonesia-Tionghoa) Malang Raya hendak menceritakan sosok Gus Dur di mata warga Tionghoa.

Ya, selain digelar secara offline dengan peserta terbatas dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Haul Virtual Gus Dur” ini juga dilaksanakan secara online dan dibuka untuk umum.

Dengan kapasitas peserta 1.000 orang, pendaftaran dapat dilakukan melalui link berikut http://bit.ly/PendaftaranHaulVirtualGusdurXI dan melakukan konfirmasi ke nomor 082232574417. (fen/gg)

  • Bagikan