Jangan Ngaku Kutu Buku Kalau Belum Tahu 5 Istilah Ini! - Tugujatim.id

Jangan Ngaku Kutu Buku Kalau Belum Tahu 5 Istilah Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi kutu buku dan hobi membaca buku. (Foto: Unsplash)
Ilustrasi kutu buku dan hobi membaca buku. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Kata siapa dunia buku tidak punya istilah atau sebutan keren untuk para pecintanya? Bukan hanya sebutan ‘kutu buku’, sebutan buat kamu yang hanya suka mengoleksi buku tanpa membacanya juga ada lho. Berikut adalah 5 istilah yang wajib kamu tahu sebelum ngaku sebagai pecinta buku.

1. Tsundoku

Dari laman BBC Tsundoku adalah sebuah seni. Tepatnya, seni untuk menumpuk buku tanpa membacanya. Istilah Tsundoku berasal dari era Meiji sebagai slang Jepang pada masa itu. Tsundoku menggabungkan kata tsunde-oku, yang artinya menumpuk barang lalu meninggalkannya, dan dokusho, yang berarti buku.

Dalam dunia Barat, istilah Tsundoku dikenal dengan nama bibliomania. Kedua istilah ini memiliki konotasi negatif. Soalnya, mereka yang menimbun buku sampai langit-langit rumah termasuk gangguan psikologis klinis dalam kategori obsesif-kompulsif. Buku yang menumpuk bisa jadi sarang debu atau jatuh menimpa kamu saat sudah menjadi “menara buku”. Niatnya koleksi, tapi jadi bisa membahayakan diri lho!

Baca Juga: 6 Tips Perawatan Motor saat Musim Hujan

2. Bookshaming

“Udah berumur kok masih baca novel remaja sih? Gak malu sama bocah? Coba baca buku yang lebih bermanfaat buat hidup gitu,”

Pernah mendapat perkataan semacam ini? Atau justru kamu yang melontarkannya pada orang lain? Hal ini disebut bookshaming, lho. Istilah ini merujuk pada kondisi ketika seseorang mengejek buku atau genre favorit orang lain. Akhirnya, membuat orang tersebut malu dengan buku yang mereka baca.

Padahal, membaca buku tidak dibatasi oleh usia, gender, ataupun standar orang pada umumnya. Tidak ada yang salah meskipun kamu membaca komik di usia 20-an karena yang salah justru ketika kamu tidak membaca apapun. Berbanggalah dengan buku-buku kesukaanmu, meski berbeda dengan kebanyakan orang seumuranmu.

Kamu tidak tahu istilah ini? Apa kamu sudah cukup dilabeli kutu buku?

3. Book-bosomed

Tipe orang book-bosomed adalah mereka yang tidak bisa lepas dari buku. Bisa dibilang seperti “Duniaku bukanlah seperti dunia yang kukenal tanpa kehadiran buku disampingku,”

Meski tidak selalu dibaca, ada esensi tersendiri yang dirasakan oleh seorang book-bosomed dengan keberadaan buku di tangan mereka, salah satunya seperti memberikan rasa tenang. Bagi book-bosomed membawa buku juga akan menjadi teman saat mereka harus menunggu sesuatu, seperti terjebak dalam kemacetan ataupun menunggu antrean.

4. Book Hangover

Baru selesai membaca semua novel ‘Harry Potter’ dan tiba-tiba secara refleks kamu membuka kunci pintu dengan mantra Alohomora. Atau setelah membaca semua novel ‘Dilan’ kamu jadi suka menebak-nebak layaknya seorang peramal seperti yang dilakukan Dilan ke Milea. Ini adalah tanda kamu sedang mengidap book hangover!

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Beda Arktik dan Antarktika

Book hangover adalah kondisi seseorang yang masih terngiang-ngiang dengan dunia dalam buku bahkan saat mereka sudah selesai membaca. Seseorang yang berada dalam kondisi ini masih terjebak di dunia dalam buku. Dunia nyata akan terasa kurang lengkap tanpa imaji dari buku tersebut dan kamu mulai membayangkan jika saja kamu menjadi bagian dari dunia dalam buku tersebut.

5. Book Sniffer

Angkat tangan buat kamu si kutu buku atau yang suka aroma buku baru bahkan buku lama sekalipun. Mencium bau buku baru ataupun buku lama menjadi hal menarik bagi beberapa orang. Aroma permen karet jeruk, kulit kayu, bahkan aroma mint bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang book sniffer. Setiap buku memiliki aroma masing-masing yang tergantung pada bahan kertas yang digunakan dan senyawa kimia yang ditimbulkan dari bahan tersebut. Bahkan aroma khas dari buku akan membantumu untuk mengingat buku tersebut lho.

Itulah sejumlah istilah yang wajib kamu ketahui sebagai seorang pecinta dunia buku. Dari ulasan ini apa kamu menemukan beberapa istilah yang mirip denganmu? (Andita Eka W/gg)

  • Bagikan