Joe Biden Menang Pilpres AS 2020 usai Kalahkan Donald Trump - Tugujatim.id

Joe Biden Menang Pilpres AS 2020 usai Kalahkan Donald Trump

  • Bagikan
Joe Biden Menang Pilpres AS 2020
Joe Biden ketika berkampanye. (Foto: Instagram Joe Biden)

Washington DC – Joe Biden akhirnya terpilih menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat usai ungguli petahana Donald Trump di pemilihan presiden (Pilpres) AS tahun 2020.

Joe Biden memenangkan kursi kepresidenan usai merebut suara di negara bagian Pennsylvania dan 20 suara elektoralnya pada Sabtu (8/11/2020).

Baca Juga: 157 ABK asal Indonesia di Kapal China Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air

Kemenangan di Pennsylvania membuat pemungutan suara perguruan tinggi pemilihan Biden menjadi 284, melampaui 270 yang dibutuhkan untuk memenangkan Gedung Putih.

Penduduk Amerika akhirnya sepakat untuk mengganti tampuk kekuasaan tertinggi dari seorang pengembang real estate dan bintang reality show. Joe Biden menang telak dari orang yang tidak memiliki pengalaman politik dengan seorang veteran Washington. Di mana Biden telah menghabiskan lebih dari 50 tahun dalam kehidupan publik dan dua kali tidak berhasil mencalonkan diri sebagai presiden.

Dengan jumlah pemilih yang diproyeksikan mencapai titik tertinggi dalam satu abad, sebuah negara yang ketakutan dan gelisah memilih seorang kandidat yang berjanji untuk memerintah bukan sebagai Demokrat tetapi sebagai “presiden Amerika” dan berjanji untuk menjadi kekuatan pemersatu setelah empat tahun pergolakan.

Baca Juga: Remaja asal Cianjur Cabuli Anak Bos Gara-gara Dendam Sering Dimarahi

Untuk diketahui, Biden, yang kini berusia 77, ditetapkan menjadi presiden tertua Amerika. Kemenangannya datang lebih dari 48 jam setelah pemungutan suara ditutup pada hari pemilihan, ketika para pejabat di negara bagian utama bekerja keras untuk menghitung surat suara di tengah lonjakan pemungutan suara yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi virus corona, yang telah menewaskan lebih dari 230.000 orang di Amerika dan menginfeksi jutaan orang. (gg)

  • Bagikan