Jokowi: 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Corona akan Tiba Minggu Depan

  • Bagikan
Jokowi kecam Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menghina Agama Islam. Jokowi Ingin Indonesia jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Presiden Jokowi (Foto: Channel YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Tugujatim.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa tak hanya dalam bentuk jadi, vaksin ‘mentah’ atau bahan baku untuk virus corona ini juga bakal tiba di Indonesia minggu depan. Ya, Jokowi menyatakan bahwa jumlah total yang bakal tiba diperkirakan sebanyak 15 juta dosis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jokowi di sela-sela pemberian sertifikat tanah secara virtual di Istana Negara, Selasa (5/1/2021) siang.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Insyaallah, minggu depan akan datang lagi 15 juta (dosis) vaksin dalam bentuk bahan baku,” ujar Jokowi, Selasa (5/1/2021).

Ia menyatakan bahwa bahan baku vaksin COVID-19 tersebut bakal diserahkan kepada Bio Farma sebagai produsen vaksin di Indonesia.

Baca Juga: Belum Dicetak, Distributor Kejar Buku Trilogi The Power of Silaturahim

Bulk (dalam jumlah besar), yang nanti akan diproduksi oleh Bio Farma sehingga juga langsung nanti jadi kirim ke daerah lagi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyebarkan vaksin-vaksin untuk tangani pandemi COVID-19 tersebut ke 34 provinsi. Jokowi menyebut untuk tahap pertama, vaksin yang telah dikirim yakni sebanyak 700 ribu dosis.

“Stok kita kan ada 3 juta (dosis), baru dikirim ke daerah 700 ribu (dosis vaksin). Nanti akan dikirim lagi berikutnya, dikirim lagi berikutnya,” beber Jokowi.

Ia menyatakan bahwa untuk tahap awal pemberian vaksin COVID-19 tersebut digunakan untuk prioritas di garda depan penanganan COVID-19 seperti tenaga kesehatan.

“Untuk vaksinasi yang pertama memang prioritasnya di tenaga kesehatan, dokter, perawat yang ada di rumah sakit. Kedua, nanti TNI-Polri dan juga guru. Dan langsung juga berbarengan dengan itu juga (dengan) masyarakat,” bebernya.

Baca Juga: Apa Anda Sudah Terdaftar sebagai Penerima Vaksin COVID-19? Yuk, Cek Situs Ini!

Ia berharap dengan vaksin-vaksin yang datang tersebut membuat Pemerintah Indonesia bisa mengendalikan situasi pandemi ini.

“Kita berharap dengan dimulainya vaksinasi ini kita akan bisa menangani dan mengendalikan Covid-19. Tetapi saya tetap titip kepada kita semuanya, untuk menyampaikan juga ke saudara dan tetangga-tetangga kita, rekan-rekan kita, kawan-kawan kita. Meskipun vaksinasi minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada. Tidak lengah. Disiplin terhadap protokol kesehatan, karena kuncinya ada di situ sampai nanti vaksinasi ini selesai,” pungkas Jokowi. (gg)

  • Bagikan