Kembali Zona Merah, Pemkab Tuban Menggalakkan Penyemprotan Disinfektan - Tugujatim.id

Kembali Zona Merah, Pemkab Tuban Menggalakkan Penyemprotan Disinfektan

  • Bagikan
Penyemprotan disinfektan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Tuban usai daerahnya kembali menjadi zona merah. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)
Penyemprotan disinfektan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Tuban usai daerahnya kembali menjadi zona merah. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, TuguJatim.id – Melonjaknya angka kasus COVID-19 di Kabupaten Tuban membuat pemerintah memutar otak untuk mengatasinya. Salah satu cara yang dilakukan Pemkab Tuban yakni dengan cara penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah ruas jalan di kota berjuluk Bumi Wali, Kamis (17/12).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irawan mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini menindaklanjuti Tuban kembali ke zona merah.

“Ini langkah kita untuk pencegahan (COVID-19, red),”kata Kalaksa BPBD, Yudi Irawan kepada awak media.

Zona Merah COVID-19 Kabupaten Tuban. (Foto: Dokumen Pemkab Tuban)
Zona Merah COVID-19 Kabupaten Tuban. (Foto: Dokumen Pemkab Tuban)

Baca Juga: Tanaman Hias Paling Tren 2020 yang Bisa Ditanam Tanpa Bingung Lahan Luas

Yudi menambahkan, jalan yang dilakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yakni, jalan Lukman Hakim, Panglima Sudirman, Veteran, Basuki Rahmat, Wahidin Sudiro Husodo, Dr. Soetomo, Diponegoro, Re Martadinata dan jalan Teuku Umar.

“Memang fokus kita di sekitar jalan kota. Sebab, saat ini wilayah kota yang luamayan banyak terkonfirmasi terpapar virus corona,” katanya.

Yudi menjelaskan, bahwa rencananya, besok (18/12) juga akan diberlakukan kembali jam malam hingga 2 Januari 2021. Hal tersebut untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Tuban.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, agar lebih ketat dalam penerapan ini,” tegasnya.

Baca Juga: Fenomena Gunung Meletus, Ring of Fire, dan 127 Gunung Api di Indonesia

Data yang diterima dari gugus tugas COVID-19 Kabupaten Tuban sampai dengan Rabu (16/12), ada sekitar 1.205 orang yang terkonfirmasi positif dan 118 orang meninggal dunia. Sedangkan yang masih dalam perawatan 341 orang, dan sembuh sebanyak 746 orang.

“Kita imbau kepada masyarakat agar tetap selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” terangnya. (Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan