Kiat Khusus Meraih Beasiswa LPDP Dalam Negeri dan Luar Negeri - Tugujatim.id

Kiat Khusus Meraih Beasiswa LPDP Dalam Negeri dan Luar Negeri

  • Bagikan
Ilustrasi beasiswa LPDP yang cocok untuk diraih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. (Foto: Dokumen/LPDP Kemenkeu)
Ilustrasi beasiswa LPDP yang cocok untuk diraih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. (Foto: Dokumen/LPDP Kemenkeu)

SURABAYA, Tugujatim.id – Pasti sebagian dari pembaca ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S2 ya? Apalagi bisa mendapatkan beasiswa pendidikan. LPDP adalah lembaga pengelola dana pendidikan yang merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan khusus untuk studi lanjut.

LPDP berkolaborasi dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk menggiatkan agar mahasiswa-mahasiswa di Unesa agar tertarik mengikuti beasiswa tersebut, karena lembaga ini menawarkan kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan penuh dibiayai oleh negara baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lebih jauh, Ir Dwi Larso MSIE PhD dan Putra A R Yamin ST Msc selaku Alumni ‘Awardee’ LPDP untuk membahas kiat-kiat agar dapat mengikuti LPDP. Dwi menegaskan bahwa LPDP merupakan lembaga yang memfasilitasi putra-putri bangsa berjiwa pemimpin agar mencetak pemimpin yang jujur di masa mendatang.

“Lebih kepada mencetak intelektual atau profesional atau entrepreneur yang berintegritas ini yang selalu saya ingatkan karena dari perjalanan sejarah bangsa kita,” ungkapnya, Jumat (23/07/2021).

Di sisi lain, ada beberapa program pengembangan dana, beasiswa dan pendanaan riset untuk mendorong putra dan putri bangsa semakin berintelektual.

“Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal. Beasiswa, mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan dan Pendanaan riset mendorong riset strategis atau inovatif yang implementatif,” tambahnya.

Perlu diketahui, dana untuk beasiswa di LPDP mencapai Rp 70 triliun yang tetap menjadi dana abadi yang dipakai untuk generasi ke generasi selanjutnya, dipakai dan dibagi hasilnya untuk riset pasar untuk mengembangkan SDM melalui pemberian beasiswa bangsa.

Kiat-kiat Sukses Meraih Beasiswa LPDP

Maka dari itu, Putra Yamin juga menjelaskan bagaimana kiat-kiat sukses untuk mengikuti dan mendapatkan LPDP karena beasiswa ini pembiayaan hingga 100 persen. Ada lima tahap untuk mendapatkan Beasiswa LPDP.

“Apa mimpimu. Menentukan dimanakah universitas yang dituju sesuai bidang studi yang telah ditekuni atau yang akan diambil,” tegasnya.

“Buatlah Timeline. Catat semua deadline mulai pendaftaran kampus tujuan, pastikan mengerti dokumen persyaratan, mempunyai waktu cukup lama untuk mempersiapkan dokumen, permohonan surat rekomendasi, proofed personal statement, esai berupa proposal penelitian dan target IELTS,” sambungnya.

Selain itu, tegas Putra Yamin, kemampuan berbahasa juga menjadi penting. Skor IELTS mencapai 6,5, lalu kenali kemampuan bahasa inggris, lakukan persiapan yang intensif karena nilai IELTS/TOEFL yang tinggi memperbesar peluang mendapatkan LoA.

Lebih lanjut, tegas Putra Yamin, ‘Unconditional Letter of Accetance’ yakni pelajari waktu pendaftaran dengan baik karena setiap kampus maupun negara berbeda, pendaftaran via online maka kenali deadline dengan baik jangan dadakan, kenali latar belakang calon pembimbing atau ketua departemen/lab lalu tuliskan e-mail menyatakan ketertarikan studi.

“Seleksi LPDP. Konsisten antara LoA personal ‘statement’ (sangat penting) dan proposal penelitian, siapkan dengan baik untuk tes substansi akademik kebangsaan, untuk tujuan kampus luar negeri wawancara menggunakan bahasa inggris, kuasai personal statement dan proposal penilitian dengan baik,” bebernya.

“Jangan pernah menyerah mungkin belum rezeki aja dan Allah punya rencana ya, dan pasti bisa kok coba terus coba semangat terus untuk dapatkan beasiswanya dan mudah-mudahan yang saya share tadi bermanfaat untuk kalian semua,” pungkasnya.

  • Bagikan