Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Akan Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq - Tugujatim.id

Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Akan Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq

  • Bagikan
Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tak akan melakukan rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan Habib Rizieq. (Foto: Kemenko Polhukam)
Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tak akan melakukan rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan Habib Rizieq. (Foto: Kemenko

JAKARTA, Tugujatim.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkoplhukam) RI, Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan melakukan proses rekonsiliasi dengan Habib Rizieq Shihab.

Mahfud menyebut bahwa sebenarnya, pihak pemerintah telah mengupayakan perundingan sebelumnya, hanya saja Habib Rizieq meminta banyak persyaratan. Hal tersebut ia kemukakan melalui akun resmi Twitter-nya, @mohmahfudmd, Sabtu (12/12/2020) pagi.

Baca Juga: Penuh Humor dan Kebijaksanaan: Simak 25 Kata Bijak dari Gus Dur

Mahfud MD menjelaskan bahwa sebelum MRS (Muhammad Rizieq Shihab) mendarat di Jakarta tanggal 9 November 2020 silam, Mahfud mengaku sudah mengundang Tim Hukum MRS, yakni Sugito dan Ari.

“Saya ngajak diatur silaturrahim di tempat netral untuk berdialog dengan MRS untuk menjaga negara dan umat bersama-sama demi kebaikan rakyat dan umat,” cuit menteri kelahiran Sampang, Madura tersebut.

Baca Juga: Soto Sewu Bojonegoro, Soto Super Murah Seporsi Hanya Rp 1.000

Hanya saja, rencana tersebut gagal. Mahfud MD mengungkapkan bahwa pihak Habib Rizieq meminta persyaratan tinggi yang tidak mungkin dikabulkan oleh pemerintah. Salah satunya yakni meminta agar para terpidana teroris dengan nama-nama tertentu untuk bisa dibebaskan oleh pemerintah.

“Loh, belum silaturrahim sudah minta syarat tinggi. Maka saya tegaskan, pemerintah tak berencana rekonsiliasi dgn MRS,” cuit Mahfud MD di postingan berikutnya.

Usai kejadian itu, pihaknya secara tegas tak ingin lagi melakukan upaya rekonsiliasi atau memulihkan hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Habib Rizieq. Sedangkan sekarang, Habib Rizieq tengah diperiksa di Polda Metro jaya terkait kasus kerumunan. (gg)

 

  • Bagikan