7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Yuk Simak!

  • Bagikan
Buah pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)
Buah pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Ya, semua orang sangat familiar dengan buah yang berwarna cerah ini. Pisang merupakan buah yang kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Selain itu, ia juga sumber magnesium, vitamin B6 dan vitamin C. Bagi Anda yang menyukai buah ini, simak, yuk apa saja manfaat pisang bagi kesehatan!

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi pisang wajib dicoba bagi orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Pisang mengandung 3 gram serat dan memiliki 100 kalori per porsinya. Sangat aman dikonsumsi dalam jumlah banyak karena akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Serat dalam pisang juga untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain untuk membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak dapat mencegah kanker usus besar.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Mau Belanja Aman di Online Shop? Tips-tips Ini Wajib Anda Ketahui!

2. Menguatkan tulang

Pisang dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium sehingga akan membuat tulang menjadi lebih kuat. Mengonsumsi satu buah pisang dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penting dari nutrisi pisang.

3. Kesehatan mental

Kandungan triptofan, yang kemudian diubah menjadi serotonin juga ada pada buah asal negara tropis ini. Kekurangan serotonin didalam otak dapat menimbulkan depresi dan kecemasan dalam diri kita. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi buah ini yang kaya akan zat tersebut.

4. Memfokuskan otak

Selain kandungan nutrisi diatas, masih banyak nutrisi lainnya yang ada pada buah pisang ini yaitu potasium dan magnesium. Zat tersebut jika dilepaskan secara perlahan-lahan akan membuat otak menjadi fokus kembali dan lebih optimal dalam menyerap informasi.

Baca Juga: Mengulik Fenomena Pencurian Kain Kafan yang Konon untuk Pesugihan

5. Menangkal radikal bebas

Antioksidan sangat dibutuhkan di dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas dan membantu pembuangan racun. Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan yang dimiliki oleh buah pisang adalah dopamine dan katekin. Kedua jenis antioksidan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya mengurangi risiko penyakit jantung dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan sensitivitas insulin

Faktor risiko utama bagi penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin. Pisang merupakan sumber pati resisten yang baik bagi kesehatan. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa 15-30 gram pati resisten per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga mencapai angka 33-50% dalam waktu empat minggu. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini agar dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Buah-Buah Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium yang ada di dalam pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, kesehatan jantung dan ginjal juga didapat jika Anda rajin mengonsumsi buah ini. Penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health bahwa seseorang yang mengonsumsi buah ini dalam waktu empat hingga enam kali seminggu hampir memiliki 50 % kemungkinan lebih kecil untuk menderita penyakit ginjal.

Cukup banyak manfaat dari buah pisang, bukan? Tidak hanya pisang, cobalah untuk rajin mengonsumsi buah dan sayur karena mereka kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. (Nurul K/gg)

  • Bagikan