Benarkah Kulit Semangka Memiliki Banyak Manfaat? - Tugujatim.id

Benarkah Kulit Semangka Memiliki Banyak Manfaat?

  • Bagikan
Kulit semangka ternyata memiliki segudang zat kaya manfaat lho! Apa saja?
Kulit semangka ternyata memiliki segudang zat kaya manfaat lho! Apa saja? (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kadar air tinggi. Kadar airnya dapat mencapai sekitar 91 %-92 %. Buah ini termasuk dalam labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuh secara merambat dan kaya akan vitamin serta sumber fitokimia yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, magnesium dan antioksidan. Lalu, bagaimana dengan kulit semangka?

Banyak orang hanya mengonsumsi bagian daging semangka saja, mungkin Anda salah satunya. Tidak taukah Anda jika kulit semangka ternyata memiliki segudang manfaat. Kulit semangka mengandung vitamin B, vitamin C, magnesium yang dapat menyehatkan kulit dan sistem saraf pada manusia. Berikut beberapa manfaat kulit semangka yang jarang diketahui.

1. Kesehatan kulit

Bagi kebanyakan wanita, kesehatan kulit merupakan nomor satu karena dapat meningkatkan rasa percaya diri yang dimilikinya. Selain mengandung vitamin di atas, ini juga mengandung flavonoid, likopen dan antioksidan yang mampu menurunkan efek radikal bebas dan oksidatif. Ketiga zat tersebut dapat membantu meminimalkan kerutan, noda dan bitnik-bintik penuaan seiring bertambahnya dengan usia Anda. Kulit semangka juga mengandung senyawa aktif berupa terpenoid yang berguna sebagai antibakteri untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

2. Mengurangi rambut rontok

Selain dapat menyehatkan kulit, kulit buah ini juga dipercaya dapat mengatasi rambut rontok. Vitamin C yang dimilikinya penting untuk sintesis kolagen yang mampu membuat rambut semakin kuat. Bagaimana mengolahnya? Anda dapat mengeruk bagian putihnya dengan menggunakan sendok atau dilembutkan menggunakan blender. Lalu, oleskan kulit semangka yang sudah halus secara merata pada rambut Anda. Proses ini dianjurkan saat rambut Anda dalam keadaan kering. Setelah dioleskan secara merata sampai seluruh bagian rambut basah, Anda dapat mendiamkannya selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Menurunkan tekanan darah

Kulit semangka juga mengandung citrulline. Pada umumnya, citrulline ini terdapat dalam buah yang berwarna merah dan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah bagi mereka para penderita penyakit hipertensi. Kandungan citrulline pada kulit buah ini mampu meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah yang membantu pembuluh darah bekerja dengan lebih tenang sehingga akan membuka sirkulasi darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam kulit semangka merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama untuk melawan infeksi dan patogen asing. Hal ini memberikan 30 % lebih kebutuhan vitamin C harian yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

5. Mengatasi saluran pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di dalam kulit semangka juga dapat mengatasi saluran pencernaan dengan baik. Saluran pencernaan yang baik dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit pencernaan seperti diare, konstipasi dan kanker usus. Serat juga dapat membuat Anda menjadi lebih lama kenyang sehingga kulit buah ini dapat menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang menurunkan berat badan. (Nurul K/gg)

  • Bagikan