Memahami Apa Itu Kesehatan Mental dan Cara Menjaga Kejernihan Pikiran - Tugujatim.id

Memahami Apa Itu Kesehatan Mental dan Cara Menjaga Kejernihan Pikiran

  • Bagikan
Ilustrasi kesehatan mental atau kesehatan jiwa. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kesehatan mental atau kesehatan jiwa. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Dalam kegiatan sehari-hari, kita cenderung mencapai hal-hal yag sangat luar biasa dan rumit secara mental. Betapa efisien dan efektifnya otak kita dalam menangani hal tersebut. Pikiran yang sehat akan terus menerus melakukan serangkaian perubahan yang mengontrol suasana hati kita. Seperti apa kesehatan mental itu? Simak di bawah ini.

Menjernihkan Pikiran

Hal yang paling utama dan penting dari pikiran sehat adalah organ yang berhasil menyaring dari ribuan pikiran yang menyimpang, membingungkan, dramatis maupun mengerikan. Ide-ide dari pikiran kita yang berfungsi secara aktif perlu dilemaskan agar kita dapat lebih tenang mengarahkan tujuan hidup kita secara efektif.

Baca Juga: Mau Belanja Aman di Online Shop? Tips-tips Ini Wajib Anda Ketahui!

Seperti contoh, saat kita melakukan wawancara pekerjaan atau mengajak seseorang untuk berkencan, pikiran yang sehat adalah yang tidak memaksa kita untuk mendengarkan suara hati yang negatif. Negatif di sini adalah penolakan dari hasil wawancara kerja tersebut maupun perihal kencan. Pikiran yang berfungsi dengan baik akan mengenali suara hati negatif tersebut.

Pikiran Sehat Baik untuk Kesehatan Mental

Pikiran yang sehat akan terus menerus mengekang ketakutan kita. Ketakutan kita akan menstimulasi banyak hal yang dapat kita khawatirkan seperti kerusakan pembuluh darah, mesin pesawat yang dapat lepas dari sayapnya dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Namun, ada sisi baik tentang perbedaan antara apa yang mungkin terjadi dan apa yang sebenarnya mungkin terjadi. Kita akan lebih siap dengan kemungkinan takdir yang diluar kendali kita. Pikiran yang sehat juga akan lebih mampu mengontrol dan menguasai teknik penyensoran.

Pikiran yang sehat akan dapat menenangkan keramaian yang ada. Tidak semua hal yang dapat dirasakan harus dirasakan setiap saat. Pikiran yang sehat tahu bagaimana cara untuk berharap terhadap sesuatu maupun seseorang. Kita harus mengakui sejauh mana penyakit mental yang pada akhirnya umum terjadi.

Baca Juga: Mengenal Prialangga, Kreator di Balik Layar Video Klip Raisa ‘Bahasa Kalbu’

Penyakit Jiwa Bukan Hal yang Memalukan

Pada dasarnya penyakit mental adalah sesuatu hal yang tidak memalukan, seperti yang terjadi pada tubuh. Kesehatan mental melibatkan penerimaan yang jujur tentang seberapa parah kesehatan yang harus ada bahkan dalam kehidupan yang paling berkompeten dan bermakna sekalipun.

Kita hendaknya tidak lebih segan untuk mencari pertolongan saat pikiran kita mengalami hal yang salah. Kita juga harus menganggap diri kita tidak kalah berharga dari cinta dan simpati. (Nurul K/gg)

  • Bagikan