Mengenal Fuchsia, Tanaman Anting India yang Cocok Ditanam saat Musim Hujan - Tugujatim.id

Mengenal Fuchsia, Tanaman Anting India yang Cocok Ditanam saat Musim Hujan

  • Bagikan
Fuchsia adalah jenis tanaman berbunga yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini membutuhkan banyak air, jadi sangat cocok jika ditanam saat musim hujan.
Fuchsia adalah jenis tanaman berbunga yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini membutuhkan banyak air, jadi sangat cocok jika ditanam saat musim hujan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Di Indonesia Fuchsia sering disebut dengan anting india atau lampion. Fuchsia adalah jenis tanaman berbunga yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Dalam perawatannya, tanaman ini membutuhkan banyak air, jadi sangat cocok jika ditanam saat musim hujan.

Fuchia merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Ada sekitar 100 spesies tanaman yang tergolong dalam jenis ini, warnanya pun bermacam-macam, mulai dari orange, merah, biru, ungu, dan ungu tua kehitam-hitaman. Bunga ini sangat dekoratif, karena mempunyai bentuk seperti lampion.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Tanaman hias yang memiliki kelopak menghadap ke bawah ini sangat disukai oleh serangga dan burung. Fuchsia adalah salah satu bunga yang mudah untuk diperbanyak, karena tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh, dan menjadi favorit tukang kebun.

Cara membudidayakan Fuchsia

Fuschia bisa ditanam diberbagai tempat, namun lebih menyukai posisi di bawah sinar matahari langsung. Jika siang hari, biarkan tanaman ini sedikit teduh, karena sinar matahari yang terlalu panas menyebabkan tanaman layu dan mekar memudar, sehingga akan jatuh sebelum waktunya.

Berbagai macam tanah bisa digunakan untuk menanam bunga ini, namun lebih menyukai tanah gembur, subur, dan lembab. Jika Anda ingin lebih subur, tambahkan pupuk organik, seperti kompos kebun yang busuk, pupuk kandang atau kompos serba guna.

Penanaman Fuchsia dalam pot harus menggunakan gel penahan air untuk memastikan tanaman tidak akan kering sepenuhnya. Bunga ini akan membutuhkan lebih banyak air jika diletakkan pada keranjang kawat berlapis lumut.

Baca Juga: Hobi Menyaksikan Video Binatang Lucu dan Imut Baik untuk Kesehatan, Studi Membuktikan

Namun Anda harus berhati-hati dalam penyiraman bunga ini agar tidak terlalu banyak air, karena Fushcia tidak tumbuh baik jika tergenang oleh air.

Jika ingin fuchsia ekar lebih indah, letakkan pada pot gantung, kemudian bisa digunakan sebagai hiasan teras, pintu masuk, dan batang pohon. Untuk memperbanyak batang tanaman, Anda bisa mencubit ujung tumbuhan diawal berbunga, cara ini berguna untuk mendorong bercabang, sehingga tanaman Anda akan lebat dan lebih banyak kuncup bunga. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan