Pemkab Bojonegoro Sediakan 6.000 Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi Tahun 2022

Pemkab Bojonegoro Sediakan 6.000 Kuota Beasiswa Perguruan Tinggi Tahun 2022

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugijatim.idPemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan menyediakan kuota beasiswa 6.000 tahun 2022.

Jumlah kuota beasiswa ini terdiri dari 4.000 beasiswa Scientist dan beasiswa satu desa dua sarjana, sementara 2.000 sisanya merupakan kuota beasiswa tugas akhir.

Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Suyanto, menjelaskan tahun ini anggaran yang disediakan untuk beasiswa Scientist dan beasiswa Satu Desa Dua Sarjana dengan jumlah Rp 29,600 miliar, serta beasiswa tugas akhir sebesar Rp 5 milyar.

“Semua anggaran kita cukupkan untuk 4.000 kuota Scientist dan satu desa dua sarjana, serta 2.000 tugas akhir,” jelasnya.

Suyanto menyebut, kuota yang tersedia masih cukup banyak. Terhitung per 21 Januari 2022, jumlah yang mengajukan beasiswa Scientist sebanyak 20 orang, sementara yang satu desa dua sarjana 100 orang.

“Jumlah tersebut masih bertambah karena pendaftaran juga masih dibuka,” kata dia.

Bahkan di tahun sebelumnya tercatat hanya ada sebanyak 368 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Jumlah tersebut sudah termasuk tiga macam beasiswa dengan rincian 154 mahasiswa yang mendapat beasiswa satu desa dua sarjana, 134 mahasiswa penerima beasiswa scientist dan 80 mahasiswa penerima beasiswa tugas akhir.

“Jumlah tersebut sudah termasuk penerima lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya dan pendaftar baru, kuotanya masih sangat banyak,” tuturnya.

Suyatno mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan sedang membuka termin baru bagi mahasiswa yang akan mendaftar beasiswa di tahun 2022, dengan jadwal pendaftaran tahap satu hingga bulan Maret mendatang.

Untuk itu, dia berharap masyarakat memanfaatkan peluang yang diberikan oleh Pemkab Bojonegoro untuk meringankan biaya kuliah.

“Kami berharap kepada adek-adek atau sanak saudara, monggo mengajukan, peluang masih banyak dan kita permudah,” tutupnya.

  • Bagikan