Polisi Selidiki Dugaan Sabotase Air PDAM Tercampur Solar di Malang - Tugujatim.id

Polisi Selidiki Dugaan Sabotase Air PDAM Tercampur Solar di Malang

  • Bagikan
Air PDAM Kota Malang yang tercemar solar dan beraroma seperti minyak tanah.
Ilustrasi air PDAM Kota Malang yang tercemar solar dan beraroma seperti minyak tanah. (Foto: AZM)

MALANG – Dugaan sabotase pada air PDAM di Sumber Air Wendit memasuki babak baru. Polres Malang telah menerima pengaduan dari PDAM Kota Malang dan segera menyelidiki penyebab air bercampur solar.

“PDAM Kota Malang sudah mengirimkan surat aduan kemarin ke Polres Malang,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo seperti dilansir tugumalang.id, partner Tugu Jatim.

Baca Juga: Tanggul Proyek Jembatan Kedungkandang di Malang Ambrol, Padahal Baru Selesai Dibangun

Pihak Satreskrim Polres Malang sendiri sudah bergerak ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) guna melakukan investigasi. “Kami langsung melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi dan mengecek TKP,” ujarnya.

Namun, Andaru masih belum mau mengungkapkan apa saja yang sudah diperoleh tim di lapangan. “Hasilnya saya sampaikan nanti, sekarang masih proses,” tukasnya.

Sebelumnya, warga Kota Malang sempat mengeluhkan air PDAM yang beraroma seperti bau solar. Ternyata benar, sumber air di Wendit yang jadi sumber air PDAM Kota Malang, tercemar oleh solar.

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyebutkan jika dia menduga ada unsur sabotase yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, penyebab air di Sumber Air Wendit terkontaminasi adalah karena melubernya minyak solar yang digunakan untuk bahan bakar genset di saluran pipa Wendit III.

Baca Juga: Tino Sidin, Guru Menggambar yang Jadi Google Doodle pada Hari Guru Nasional

Genset yang seharusnya berkapasitas 1.000 liter solar, justru diisi dengan 3.000 liter solar. Hal itu membuat solar tersebut meluber hingga ke sumber air Wendit. (rap/zya/gg)

  • Bagikan