Simak 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menyingkirkan Ponsel Sebelum Tidur

  • Bagikan
Kebiasaan memegang ponsel sebelum tidur bisa menjadi kebiasaan buruk
Kebiasaan memegang ponsel sebelum tidur bisa menjadi kebiasaan buruk. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Hanya 10 menit menjadi 20 menit, lalu 30 menit, terus bertambah tanpa disadari waktu sudah memasuki dini hari dan kamu masih terjaga dengan layar ponsel yang menyala. Kebiasaan ini memang terasa tidak berdampak apapun selain rasa ngantuk yang akan mengganggu di pagi harinya. Namun kebiasaan ini akan berdampak buruk pada kesehatan mata.

Sinar dari layar ponsel atau yang dikenal dengan istilah blue light (sinar biru) akan sangat berbahaya untuk retina mata. Ruangan yang kurang cahaya seperti menggunakan ponsel saat hendak tidur hanya akan memperburuk kondisi.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Rekomendasi Film Animasi Keluarga yang Cocok untuk Menemani Akhir Pekan

Kebiasaan menatap layar ponsel sebelum tidur akan menganggu kesehatan psikologi dan aktivitas di dalam otak. Berikut 3 alasan kenapa kamu harus menyingkirkan ponsel saat hendak tidur.

1. Ponsel membuatmu terus terjaga

Smartphone didesain untuk mempermudah kebutuhan kita dengan menyediakan segala informasi yang kita butuhkan termasuk menyediakan hiburan. Namun ketika sudah waktunya untuk berhenti, ketika hendak tidur, otak kita menjadi cenderung membutuhkan banyak informasi dan hiburan lain.

Smartphone juga mewadahi keinginan ini. Kebiasaan ini membuat kita tidak pernah benar-benar istirahat dan terlepas dari smartphone. Hal ini menyebabkan otakmu terus aktif dan semakin tenggelam dalam hiburan yang diberikan melalui laman sosial media.

Padahal saat hendak tidur, kamu harus berada dalam kondisi rileks dan tenang untuk mendapatkan waktu istirahat yang maksimal. Namun jika kamu menghabiskan banyak waktu menatap ponsel sebelum tidur tentu hal ini akan mempengaruhi kualitas tidurmu.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

2. Bahaya sinar biru untuk otak

Selain buruk untuk mata, sinar biru dari layar ponsel juga berdampak buruk untuk otakmu. Terlalu lama terpapar sinar biru akan mempengaruhi hormon melatonin yang ada di otak. Hormon ini berfungsi untuk mengatur pola bangun dan tidurmu. Apabila melatonin yang diproduksi rendah maka kamu akan mengalami imsomnia ataupun merasa mudah lelah di pagi harinya.

Sinar biru pada layar ponsel ini sebenarnya menyerupai sinar di siang hari. Hal ini tentu baik untuk di pagi hari karena dapat membuatmu terus terjaga dan bersemangat. Namun sebaliknya, paparan sinar biru saat malam hari juga akan membuatmu terjaga ketika seharusnya menjadi waktu istirahat.

3. Mengganggu pola tidur

Saat kita tidur, ada beberapa level yang kita alami sampai disaat kita benar-benar terlelap atau disebut dengan REM (Rapid Eye Movement) sleep. Kamu mungkin sangat tahu bagaimana rasanya terus menggulirkan jari di deretan foto di Instagram. Sejumlah postingan mungkin juga membuatmu tertawa sendiri. Perasaan senang inilah yang juga akan mengganggu pola tidurmu.

Bermain di sosial media sebelum tidur tentu akan menimbulkan munculnya sejumlah emosi, seperti senang, cemas, sedih, bahkan khawatir. Hal inilah yang akan menunda terjadinya REM pada pola tidurmu.

Baca Juga: Mau Belanja Aman di Online Shop? Tips-tips Ini Wajib Anda Ketahui!

4. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Tetapkan jadwal dan peraturan untuk dirimu sendiri. Sejumlah ahli menyarankan untuk meletakkan ponsel 1 jam sebelum tidur. Hal ini akan membantumu untuk mengurangi banyak berpikir sebelum tidur.

Jika kamu merasa kesulitan, cobalah untuk meletakkan ponsel di tempat yang sulit dijangkau. Kebiasaan baik memang membutuhkan usaha lebih. Namun untuk kesehatan yang lebih baik, sudah menjadi kewajiban kita untuk menetapkan pola hidup yang baik pula. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: eyeq.co.za dan clevelandclinic.org

  • Bagikan