5 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Kos

  • Bagikan
tanaman hias yang cocok untuk kamar kos
Tanaman hias yang cocok untuk kamar kos. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Sirkulasi udara yang pengap sangat rawan dialami penghuni kamar kos terutama yang memiliki ukuran minim. Padahal ketika tugas dan pekerjaan menumpuk situasi seperti ini semakin menambah penat pikiran. Menaruh tanaman hias di kamar kos bisa menjadi solusi untuk menyegarkan udara kamar.

Selain menambah suasana segar dengan warnanya yang hijau, tanaman hias ini juga bermanfaat untuk mengurangi polutan di dalam kamar. Yuk, cari tahu tanaman apa saja sih yang cocok untuk menghiasi kamar kosmu.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Sukulen

Bentuknya yang mungil dan mudah dalam perawatannya membuat sukulen menjadi favorit kebanyakan orang. Meletakkannya di atas meja atau di kusen jendela akan menambah nilai estetik yang menyegarkan mata.

Sukulen. (Foto: Unsplash)
Sukulen. (Foto: Unsplash)

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

Selain itu, sukulen juga tersedia dengan beragam spesies yang membuat tanaman hias ini menjadi pilihan untuk pemanis ruangan. Jika kamu ingin menciptakan dekorasi unik untuk kamarmu, cobalah untuk meletakkan sukulen di dalam terrarium. Dijamin kamu akan semakin menambah cantik dan estetik kamar kosmu.

2. Kaktus

Mirip seperti sukulen, tanaman hias satu ini juga selalu menjadi pilihan untuk menambah dekorasi di dalam kamar kos. Kaktus juga memiliki beragam jenis, bentuk, dan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera estetikamu.

Kaktus, tanaman hias untuk kamar kos
Kaktus. (Foto: Unsplash)

Perawatannya yang tidak membutuhkan banyak air juga membuat kaktus cocok untuk menjadi tanaman di dalam ruangan. Biasanya kaktus hanya perlu disiram sekali dalam seminggu.

Baca Juga: Rekomendasi Film Animasi Keluarga yang Cocok untuk Menemani Akhir Pekan

3. Anthurium

Tanaman hias ini memiliki tampilan eksotis yang sangat pas untuk menambah dekorasi di kamar kosmu. Saat bunganya mekar sempurna, keindahannya akan menambah estetika di kamarmu. Hal ini tentu bisa memperbaiki suasana hatimu saat sedang lelah dan penat.

Tanaman Anthurium. (Foto: bakker.com)
Tanaman Anthurium. (Foto: bakker.com)

Selain nilai estetik yang dimiliki oleh tanaman ini, anthurium juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesegaran udara di dalam kamarmu. Ia mampu menyerap zat xilena, amonia, toulena, dan formaldehida yang merupakan zat-zat buruk. Oleh karena itu, tanaman ini cocok untuk kamu yang memiliki printer di dalam kamar kos. Kemampuannya untuk menyerap zat buruk akan membantumu untuk menyerap zat polutan dari tinta printer.

4. Peace Lily

Sebagaimana namanya, bunga Lily satu ini akan menambah kedamaian di dalam kamarmu dengan menjaga sirkulasi udara yang ada. Warnanya yang putih dan cantik juga akan membuat orang yang melihatnya merasa damai.

Peace Lily. (Foto: naturalliivingideas.com)
Peace Lily. (Foto: naturalliivingideas.com)

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Spathiphyllum ini juga bermanfaat untuk menghilangkan racun berbahaya di udara seperti xilena, aseton, alkohol, amonia, trichloroethylene metil, benzena, formaldehyde, dan etil asetat. Jadi selain cocok sebagai dekorasi, Peace Lily juga akan membuat kamarmu semakin segar.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar

5. Monstera

Tanaman hias ini termasuk ke dalam jenis tanaman merambat yang berasal dari Meksiko. Bentuk daunnya yang unik menjadi alasan kenapa Monstera banyak digemari untuk menjadi hiasan dalam ruangan. Monstera memiliki bentuk daun hijau mengkilap yang berlubang-lubang di beberapa bagian. Keunikannya ini mampu memberikan nuansa seperti berada di hutan tropis yang asri di dalam kamar.

tumbuhan monstera
Monstera. (Foto: Unsplash)

Menariknya lagi, Monstera tidak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tetap hidup. Hal ini membuatnya semakin cocok untuk dirawat di dalam kamar kos yang minim pencahayaan langsung dari matahari. (Andita Eka W/gg)

  • Bagikan