Sinopsis Film Chappie, Robot Canggih yang Pintar dan Perasa

  • Bagikan
Chappie robot droid
Robot Chappie dalam film yang dirilis tahun 2015. (Foto: IMDb)

Chappie merupakan film fiksi ilmiah asal Amerika Serikat. Film ini menampilkan beberapa adegan komedi yang dicampur dengan fantasi. Film ini merupakan film ketiga yang disutradarai oleh Neill Blomkamp. Dua film terdahulunya adalah Elysium (2013) dan District 9 (2009) yang mencetak kesuksesan baik secara material maupun pengakuan dari para kritikus. Neill Blomkamp juga yang menulis skenario untuk film ini bersama sang istri bernama Terri Tatchell. Skenario ini ditulis berdasarkan pada film pendek 2004 karya Blomkamp yang berjudul Tetra Vaal.

Proses produksi film Chapiie dimulai sejak akhir Oktober 2013 di di Johannesburg, Afrika Selatan. Proses tersebut pun selesai pada Februari 2014. Meskipun demikian, ada pengambilan gambar ulang yang harus kembali dilakukan di British Columbia, Kanada pada April 2014.

Baca Juga: Mau Gaji Aman Hingga Akhir Bulan? Ikuti Langkah-Langkah Berikut ini!

Film ini menghabiskan anggran produksi yang cukup banyak, yakni 49 juta dolar Amerika. Meskipun demikian, banyaknya anggaran ini sesuai dengan pendapatan yang diperoleh, yakni 102 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Maka dari itu, film ini dianggap cukup sukseb dalam segi penjualan tiket.

Chappie memperoleh penilaian yang tidak terlalu mengecewakan dari para kritikus maupun penonton. Film ini memperoleh rating 6.8 dari 10 di IMDb. Sementara itu, film ini memperoleh nilai 41 dari 100 berdasarkan penilaian 39 kritikus di situs Metacritic. Film berdurasi 120 menit ini didistribusikan secara resmi oleh columbia picture. Film ini tayang perdana di New York City pada 4 Maret 2015. Dua hari berselang, film ini baru dirilis di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada 6 Maret 2015.

Ada beberapa aktor dan aktris kenamaan yang berperan dalam film Chappie, seperti Sharlto Copley, Dev Patel, Jose Pablo Cantillo, Sigourney Weaver, Hugh Jackman, dan Watkin Tudor Jones dan Yolandi Visser.

Sinopsis Film Chappie

Film ini mengisahkan sebuah robot polisi yang memiliki kemampuan merasa dan berpikir layaknya manusia. Adegan dalam film ini berpusat pada kawasan Johannesburg yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Alhasil, muncul sebuah ide untuk untuk memproduksi robot yang bisa menggantikan peran polisi.

Akhirnya Deon yang merupakan ahli teknologi handal mampu memproduksi robot canggih dengan kemampuan mengesankan. Robot tersebut pun memiliki kecerdasan layaknya manusia. Kecerdasan ini dikenal dengan Artificial Intelligence.

Ternyata robot karya Deon tidak disukai oleh Vincent Moore dan CEO Tetravaal Michelle bernama Bradley. Pertentangan ini justru membuat Deon semakin ingin melanjutkan melanjutkan proyek robot tersebut secara diam-diam. Sayangnya, ia diculik oleh para gangster yang dipimpin oleh Yo-Landi.

Mereka ingin menghentikan robot-robot di kota tersebut, namun mereka juga memaksa Deon memprogram robot tersebut untuk merampok bank. Deon pun berhasil membuat robot yang bertingkah layaknya manusia. Robot itu memberi nama sang robot dengan Chappie.

Robot Chappie bertindak seperti anak kecil dan terus belajar. Setelah diambil alih oleh para gangster, Chappie mulai mengenal siapa saja gangster tersebut dan menganggap mereka sebagai teman. Akhirnya para gangster mulai beraksi dengan melibatkan Chappie. Beberapa waktu kemudian, Tetravaal mengetahui kemampuan Chappie.

Ia pun memutuskan untuk memerintahkan Vincent menghancurkan Chappie melalui Moose (robot buatan Vincent). Penyerangan yang dilakukan Moose hampir membunuh para gangster. Sayangnya Yolandi harus tewas ketika menyelamatkan Chappie. Hal ini membuat Chappie sedih dan marah. Ia pun bertanya kepada Deon siapa dalang dibalik semua ini untuk membalaskan semua dendamnya. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan