Tahura Lempung, Hutan Baru Seluas 1,9 Hektare Milik Kota Surabaya

  • Bagikan
Tahura Lempung, Hutan Baru Seluas 1,9 Hektare Milik Kota Surabaya
Tahura Lempung, Kota Surabaya yang baru diresmikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Kamis (19/11/2020). (Foto: via Basra)

Surabaya – Kota Surabaya memiliki hutan kota baru yang bisa dinikmati terutama bagi warga Surabaya Barat, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Lempung Surabaya namanya. Ya, hutan kota ini merupakan wisata mangrove yang cocok untuk menikmati pemandangan asri yang menyejukkan mata.

Tahura Lempung ini berlokasi di Jalan Lempung Perdana Gang IV RT 02 RW 05 Surabaya dan baru saja diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini., Kamis (19/11/2020).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Risma menuturkan, Tahura Lempung memang dibuat untuk bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Bahkan di lahan seluas 1,9 hektar ini ditanami ribuan tanaman produktif dan tanaman pelindung, serta terdapat ternak ayam petelur.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

“Memang namanya taman hutan raya, jadi bentuknya seperti hutan. Kita tanami buah-buahan, tanaman herbal untuk bisa dimanfaatkan warga di sini (daerah Lempung),” tutur Risma seperti dilansir Basra, partner Tugu Jatim.

Risma mengungkapkan, jika hasil panen aneka jenis tanaman produktif seperti ketela dan sorgum tersebut akan dibagikan kepada warga sekitar.

“Semuanya kita berikan kepada warga. Kemarin itu ketela rambat yang sudah panen kita serahkan kepada warga. Kalau yang sorgum karena masyarakat belum biasa, nanti diolah dulu dengan pertanian baru diserahkan ke warga,” ungkap Risma.

Selain itu, warga sekitar Tahura Lempung juga dapat menambah penghasilan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di depan untuk berjualan ketika ada pengunjung.

“Kita buka untuk umum. Tapi yang paling penting itu untuk meningkatkan income mereka. Warga juga bisa belajar sembari bertanam,” ucapnya.

Baca Juga: Pelaku Pembacokan di Malang: Teman Dekat Sekaligus Tetangga

Sementara itu, Fadilah salah satu warga Lempung mengaku senang lantaran ada tempat wisata gratis di sekitar daerah rumahnya.

“Pastinya saya senang dekat rumah terus gratis juga. Jadi setiap sore bisa ke sini (Tahura Lempung) sama anak untuk jalan-jalan dan tetap mematuhi protokol kesehatan biar aman,” pungkasnya. (Amm/Basra/gg)

 

Sumber Artikel: Berita Anak Surabaya (Basra)

  • Bagikan