Tergiur Bonus Liga Champions, Liverpool Ngotot Menang Walau Sudah Mengamankan Tiket 16 Besar

  • Bagikan
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (Foto: Liverpool)
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (Foto: Liverpool)

INGGRIS, Tugujatim.id – Liverpool berharap pertandingan melawan Midtjylland pada Kamis (10/12) dapat membawa pulang 3 poin, kendati tiket melaju ke babak 16 besar sudah dipastikan aman. Alasannya, setiap kemenangan di fase grup memperoleh bonus 2,7 juta euro.

“Saya memiliki gambaran untuk menurunkan pemain yang bisa memastikan Liverpool memetik 3 poin pada pertandingan melawan Midtjylland,” jelas Klopp pada konferensi pers yang digelar Selasa (08/12).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Posisi klasemen The Reds di Grup D Liga Champion saat ini menempati puncak dengan nyaman, total 12 poin terkumpul dari 4 kali menang dan hanya 1 kali kalah. Artinya, The Reds berhasil memeroleh bonus kemenangan di fase grup sebesar 10,8 juta Euro.

Baca Juga: Ruang Isolasi COVID-19 di Sejumlah Rumah Sakit Surabaya Mulai Penuh

Selain itu, Jurgen Klopp memberi keterangan komposisi skuad Liga Champion yang disiapkan Liverpool sudah didominasi oleh pemain muda. Dengan jumlah sekitar empat, lima atau enam orang yang terlibat dalam setiap pertandingan.

“Dalam berbagai pertimbangan, rasanya perlu melihat situasi secara keseluruhan di semua kompetisi liga, agar dapat mengetahui siapa pemain yang akan diturunkan pada pertandingan melawan Midtjylland,” tutur Klopp melalui berita yang ditulis di laman resmi Liverpool FC.

Berikutnya, Klopp menjelaskan mengenai percobaan strategi yang dipakai untuk melawan Midtjylland pada Kamis (10/12), mengingat Liverpool sudah dipastikan lolos dari fase grup kendati mengalami kekalahan.

“Tidak ada yang berbeda dari komposisi bertanding. Saya ingin melihat bagaimana cara pemain memenangkan pertandingan. Melawan Midtjylland pasti akan sulit, tim tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik dari sekadar catatan statistik,” ungkapnya.

Baca Juga: Fenomena Gunung Meletus, Ring of Fire, dan 127 Gunung Api di Indonesia

Bagi Klopp, memetik 3 poin dalam fase grup Liga Champion merupakan hal yang penting. Bonus yang diperoleh setiap memenangkan pertandingan besar, apabila Liverpool memenangkan pertandingan melawan Midtjylland, total bonus yang diperoleh 13,5 juta Euro, mengantongi 5 kemenangan dan 15 total poin. Belum lagi bila dijumlahkan bonus partisipasi 15,25 juta Euro untuk klub yang lolos ke fase grup.

“Setiap kemenangan adalah bonus. Memenangkan 15 poin di fase grup juga bonus. Kami hanya ingin mencoba berbagai strategi dalam pertandingan untuk membawa kemenangan,” terang manager yang memegang Liverpool sejak 2015 tersebut.

Klopp juga merasa puas melihat peforma pemain muda yang sudah membantu di berbagai pertandingan Liverpool musim ini. Kemampuan yang dimiliki sangat bagus dan berperan dalam setiap kemenangan.

“Seperti yang dilakukan Rhys Williams, Nat Phillips, Neco Williams, Curtis Jones di Liga Champion dan berbagai laga lainnya. Tanpa mereka, Liverpool akan kuwalahan. Kami bersyukur,”ujarnya dalam website resmi Liverpool FC.

Baca Juga: Stadion Gelora Bung Tomo Siap Sambut Piala Dunia U-20, Renovasi Rampung Desember

Di sisi lain, Klopp merespon Midtjylland atas hasil imbang 1-1 yang diraih saat melawan Atalanta pada pertandingan terakhirnya. Klopp menghormati Midtjylland, walau poin yang terkumpul di fase grup masih berjumlah 1 poin.

“Kami menilai, Midtjylland sudah bagus di Liga Champion ini. Dalam sudut pandang finansial, memenangkan pertandingan di Liga Champion adalah hal yang besar,” pungkas Klopp.

Sebagai informasi, bila klub berhasil lolos dari babak 16 besar akan memperoleh bonus 9,5 juta euro. Untuk lolos dari perempatfinal memeroleh bonus 10,5 juta Euro, sedangkan untuk semifinal dihargai 12 juta Euro. Khusus laga final, pemenang dan runner-up memeroleh bonus masing-masing 19 juta Euro dan 15 juta Euro. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan