Terobosan Baru, Auliya Book Gandeng LP Ma'arif NU Jatim Terbitkan Buku Berteknologi Augmented Reality - Tugujatim.id

Terobosan Baru, Auliya Book Gandeng LP Ma’arif NU Jatim Terbitkan Buku Berteknologi Augmented Reality

  • Bagikan
Auliya Book, buku pendidikan yang telah menggunakan teknologi terbaru berupa augmented reality. (Foto: Dokumen)
Auliya Book, buku pendidikan yang telah menggunakan teknologi terbaru berupa augmented reality. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – PT Wasilah Auliya Wisesa atau Auliya Book kian getol berinovasi, bahkan di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Bersama LP Ma’arif NU Jawa Timur, pihaknya telah sepakat membuat buku Madrasah yang dilengkapi dengan teknologi terbaru guna mengangkat marwah para guru, khususnya Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.

Direktur Auliya Book Siti Rukayah mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan LP Ma’arif NU sekitar bulan Juni 2021 lalu. Adapun, salah satu isi kesepakatan tersebut membuat terobosan baru yakni menerbitkan buku yang dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam hal ini, gambar pada buku dapat terhubung dengan gadget dan divisualisasikan menjadi animasi.

Pihak Auliya Book secara resmi bekerja sama dengan LP Ma'arif NU pada Juni 2021 lalu. (Foto: Dokumen)
Pihak Auliya Book secara resmi bekerja sama dengan LP Ma’arif NU pada Juni 2021 lalu. (Foto: Dokumen)

“Nantinya para siswa dan orangtua bisa mengetahui bagaimana praktiknya. Misalnya bagaimana tata cara berwudhu atau sholat. Jadi, bukan hanya tertulis di buku tapi dapat dilihat animasinya di layar handphone,” terang dia

Siti menjelaskan, nantinya pemilik buku cukup download aplikasi bernama Hi Tutor melalui Play Store maupun App Store. Cara penggunaannya pun mudah, cukup scan gambar atau barcode yang tersedia di dalam buku tersebut sehingga animasi dapat dinikmati melalui gadget.

Dengan memadukan ilmu dan teknologi ini, lanjut dia, diharapkan dapat memudahkan para siswa maupun orang tua dalam mendampingi putra putrinya belajar dari rumah. Di samping itu, juga memudahkan para guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Direktur Auliya Book, Siti Rukayah (dua dsri kiri) dan Ketua LP Ma'arif NU Jawa Timur Dr. H. Noor Shodiq Askandar, SE., MM (tengah). (Foto: Dokumen)
Direktur Auliya Book, Siti Rukayah (dua dsri kiri) dan Ketua LP Ma’arif NU Jawa Timur Dr. H. Noor Shodiq Askandar, SE., MM (tengah). (Foto: Dokumen)

“Jadi, produk-produk kami juga menjadi solusi yang benar-benar diharapkan oleh Madrasah-Madrasah, utamanya di seluruh Jawa Timur,” papar Siti

Diketahui, giat penandatanganan itu sebelumnya juga dihadiri oleh Ketua LP Ma’arif NU Jawa Timur Noor Shodiq Iskandar maupun perwakilan cabang Ma’arif NU Jawa Timur dan beberapa Kecamatan Kota/Kabupaten Ma’arif NU di Jawa Timur.

“Rencana selanjutnya, buku ini ditargetkan dapat menjadi solusi di semua pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah maupun Tsanawiyah, utamanya di seluruh Jawa Timur. Sekaligus menjadi pintu awal kolaborasi dengan Ma’arif NU untuk mengembangkan pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam di Indonesia yang melibatkan para guru maupun ustadz-ustadzah dari kalangan Nahdhliyin sehingga menjadi ekosistem yang saling bermanfaat”, tandasnya.

  • Bagikan