Tips Aman Berkendara di Musim Penghujan - Tugujatim.id

Tips Aman Berkendara di Musim Penghujan

  • Bagikan
Tips berkendara di musim hujan
Ilustrasi mengendarai mobil. (Foto" Pixabay)

Tugujatim.id – Musim hujan telah datang hampir seluruh daerah di Indonesia. Faktanya, musim hujan dapat mengundang marabahaya di jalan raya jika Anda tidak berhati-hati dalam mengendarai kendaraan. Berikut ini beberapa tips berkendara secara aman dan nyaman di musim hujan:

1. Mempersiapkan diri

Anda wajib memastikan bahwa kesehatan Anda adalah yang utama. Kesehatan tubuh menjadi nomor satu dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Anda dapat membawa baju hangat atau selimut saat berkendara. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan paying, sandal atau alas kaki lainnya untuk berjaga-jaga jika hujan turun. Terlebih pada saat pandemi seperti ini, Anda diharuskan membawa perlengkapan obat untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar

2. Mempersiapkan kendaraan

Tidak hanya di musim penghujan, setiap kendaraan yang akan digunakan wajib untuk diperiksa kondisinya terlebih dahulu. Memeriksa ban, karet wiper dan juga lampu kendaraan sangatlah penting. Pastikan hal diatas berfungsi dengan baik untuk meminimalisir marabahaya.

3. Memperhatikan aturan berkendara

Mengurangi kecepatan kendaraan merupakan hal yang penting disaat berkendara di musim penghujan apalagi saat hujan turun. Selain itu, Anda juga dapat menyalakan lampu kendaraan untuk membantu penglihatan Anda selama berkendara. Namun, tidak dianjurkan untuk menyalakan lampu hazard ketika hujan karena lampu hazard hanya digunakaan saat keadaan darurat terjadi.

Jika dinyalakan dapat menganggu pandangan pengendara lainnya, khususnya yang ada di belakang kita. Menjaga jarak dengan pengemudi lainnya saat berkendara juga penting. Di saat musim hujan maka jalanan akan menjadi licin dan hal tersebut membutuhkan jarak ketika kita harus mengerem kendaraan.

Baca Juga: Kala Burung Kakaktua Jambul Kuning Hanya Tersisa 25 Ekor di Habitat Asli Mereka

Beberapa tips di atas akan sangat membantu Anda untuk berkendara dengan aman dan nyaman di musim penghujan seperti ini. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh dan berhati-hati di jalan saat mengendarai kendaraan kesayangan Anda. (Nurul K/gg)

  • Bagikan