Tips Hemat Belanja Online saat Pandemi

  • Bagikan
online shop, tips belanja online
Sebelum berbelanja online, ada tips-tips yang perlu diketahui agar belanja aman dan nyaman. (Ilustrasi Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Pandemi membuat banyak orang beraktivitas dari rumah, termasuk bekerja dan sekolah. Adanya pandemi membuat banyak platform belanja online marak dikunjungi oleh masyarakat. Selain mudah dilakukan, berbelanja secara online juga menawarkan diskon atau potongan harga secara besar-besaran di saat akhir tahun seperti ini.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat belanja online. Anda juga harus menimbang beberapa faktor jika ingin melakukan seperti kebutuhan barang atau hanya menginginkannya semata. Apalagi di saat pandemi seperti ini, Anda juga harus berhemat dalam berbelanja.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Pencemaran Mikroplastik Sungai Brantas Tinggi, Didominasi Limbah Rumah Tangga

Berikut beberapa tips agar Anda tetap memiliki kontrol saat berbelanja:

1. Membuat daftar belanja

Seperti yang dikatakan diatas, Anda perlu berpikir bahwa Anda membutuhkan atau hanya menginginkan barang yang Anda targetkan untuk dibeli. Anda juga harus pintar membuat keputusan barang mana yang lebih diutamakan dibeli dan barang mana yang bisa ditunda terlebih dahulu.

2. Membandingkan harga barang

Banyak platform e-commerce yang sekarang marak dikunjungi oleh masyarakat. Anda harus melakukan riset atau penelitian dengan mengunjungi website-website yang lain. Hal ini juga dapat menguntungkan Anda karena bisa jadi Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah pada platform lain.

3. Potongan harga pada kartu debit atau kartu kredit

Bagi Anda yang menggunakan kartu debit atau kartu kredit, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan yaitu berupa potongan harga. Namun, potongan harga tersebut akan Anda dapatkan jika Anda berbelanja dalam jumlah tertentu. Tidak hanya potongan harga, Anda juga akan mendapatkan voucher, cashback, poin reward atau lainnya. Hal ini juga tergantung pada periode waktu yang ditetapkan oleh situs website berbelanja kesayangan Anda.

Baca Juga: K-Pop dan Drakor: Alasan Indonesia Kerja Sama Dagang dengan Korea Selatan

4. Ongkos kirim pembelanjaan gratis

Anda dapat menghemat biaya yang akan Anda keluarkan pada saat berbelanja jika Anda rajin mengecek barang yang akan Anda beli. Biasanya situs website belanja akan memberikan potongan harga atau bahkan gratis biaya pengiriman barang ke rumah Anda jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang mereka tentukan.

5. Memanfaatkan lingkup pertemanan

Jika Anda memiliki banyak teman di media sosial, hal ini jelas akan menguntungkan Anda dalam berbelanja. Anda dapat melakukan riset atau bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman Anda jika akan berbelanja. Selain Anda mendapatkan rekomendasi tempat berbelanja, Anda juga akan lebih berhemat.

Nah, poin diatas adalah beberapa tips belanja online agar hemat di saat pandemi. Jangan lupa belanja sesuai kebutuhan budget atau anggaran belanja Anda, ya! Jangan sampai Anda berbelanja melebihi budget yang Anda punya karena hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi Anda. (Nurul K/gg)

  • Bagikan