Tomat: Sayuran atau Buah?

  • Bagikan
Ilustrasi tomat merah. Lalu apakah tomat merupakan sayuran atau buah-buahan? (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi tomat merah. Lalu apakah tomat merupakan sayuran atau buah-buahan? (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Saat berbicara tentang tomat, banyak orang yang masih tidak yakin apakah tomat termasuk kedalam jenis buah-buahan atau jenis sayuran. Pertanyaan ini sudah menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan sejak lama. Mari kita lihat bersama penjelasan di bawah ini.

Dilansir dari Britannica, tomat adalah buah yang dianggap sayuran oleh ahli gizi. Secara botani, buah adalah ovarium bunga yang matang dan mengandung biji.

Sekarang, secara nutrisi, istilah “buah” digunakan untuk menggambarkan buah botani yang manis dan berdaging, dan “sayuran” digunakan untuk menunjukkan berbagai bagian tanaman yang tidak begitu tinggi fruktosa.

Juga dilansir melalui healthline.com, apakah makanan itu buah atau sayuran tergantung pada apakah itu dibahas dalam istilah kuliner atau botani. Klasifikasi botani didasarkan pada struktur dan fungsi tanaman, sedangkan klasifikasi kuliner didasarkan pada pengaplikasian rasa dan resep.

Umumnya, buah memiliki tekstur yang lembut dan cenderung pada salah satu sisinya manis. Mungkin juga agak asam atau tajam. Ini paling cocok sebagai makanan penutup, bagian dari kue kering, smoothie, selai atau dimakan sendiri sebagai camilan.

Sebaliknya, sayuran biasanya memiliki rasa yang hambar atau mungkin pahit. Biasanya memiliki tekstur yang lebih keras daripada buah. Beberapa jenis sayur bisa dimakan mentah atau mungkin perlu dimasak. Mereka paling cocok untuk hidangan gurih seperti tumis, semur, salad, dan casserole.

Sebagian besar kebingungan tentang apakah tomat adalah buah atau sayuran berasal dari aplikasi kuliner umum untuk tomat. Dalam memasak, tomat biasanya dihidangkan sendiri atau dipasangkan dengan sayuran lainnya dalam hidangan agar kaya rasa. Akibatnya, tomat mendapatkan reputasi sebagai sayuran, meskipun secara teknis mereka adalah buah menurut standar ilmiah.

Daftar buah-buahan yang sering dianggap sayuran:

-Timun
-Labu
-Kacang polong
-Paprika
-Terong
-Okra

Meskipun kurang umum, terkadang sayuran juga digunakan lebih seperti buah-buahan dalam beberapa skenario kuliner. Contohnya rhubarb, sayuran ini sering dimasukkan dalam resep ala dessert manis meski ia termasuk dalam jenis sayuran. Itu juga dicontohkan dalam hidangan lain seperti kue wortel atau kue ubi jalar.

Bagaimana penjelasan mengenai tomat sebagai sayur atau buah di atas? Semoga Anda tidak lagi bingung perihal apakah tomat adalah buah atau sayur.

  • Bagikan