Top 5 Universitas Terbaik Di Dunia 2021, Oxford Peringkat Satu

Top 5 Universitas Terbaik Di Dunia 2021, Oxford Peringkat Satu

  • Bagikan
Mahasiswa sedang merayakan kelulusan di salah satu kampus dunia
Mahasiswa sedang merayakan kelulusan di salah satu kampus dunia. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Kuliah di kampus terbaik dunia tentu menjadi mimpi setiap orang. Apalagi belajar di jurusan yang kita diminati. Namun, memang tidak mudah masuk ke kampus-kampus top dunia. Tetapi setidaknya Anda pernah bercita-cita kuliah di kampus tersebut.

Nah, berikut ini beberapa kampus terbaik dunia sebagaimana dirilis Times Higher Education World University Rankings 2021. Dilansir dari timeshigherstudent.com, universitas-universitas ini dikatakan terbaik dunia berkat pengujian atas indikator-indikator tertentu. Beberapa indikator yang dinilai di antaranya, penelitian, pengajaran, pengaruh penelitian, pendapatan industri, dan pandangan internasional. Simak lima kampus top dunia, berikut ini.

1. Universitas Oxford

Universitas Oxford merupakan kampus tertua di Inggris dan salah satu yang paling terkenal di dunia. Ada lebih dari 20.000 mahasiswa yang belajar di sini.

Sekitar 95 persen lulusan Oxford bekerja atau melanjutkan studi pascasarjana dalam waktu enam bulan setelah menyelesaikan studi mereka. Ini penerimaan yang sangat kompetitif.

Universitas ini mempekerjakan staf yang berasal dari sekitar 100 negara. Total warga negara asing yang belajar dan bekerja di Oxford sekitar 40 persen baik dari kalangan mahasiswa maupun badan akademik.

2. Universitas Stanford

Universitas Stanford telah menghasilkan banyak pengusaha dan perusahaan rintisan serta bertanggung jawab atas pengembangan lingkungan Silicon Valley, Amerika Serikat (AS).

Banyak alumni kampus ini yang meraih penghargaan besar, termasuk meraih nobel dunia. Tercatat ada 17 peraih nobel berasal dari universitas Stanford.

3. Universitas Harvard

Universitas Harvard memasuki posisi lima besar tahun ini, naik empat tingkat dari nomor tujuh tahun lalu. Harvard didirikan pada tahun 1636, sekaligus universitas tertua di AS.

Kampus ini telah menghasilkan lebih dari 45 pemenang nobel. Kemudian 30 kepala negara dan 48 pemenang hadiah Pulitzer. Perlu diketahui, tiga belas presiden AS memiliki gelar kehormatan dari institusi tersebut. Terbaru diberikan kepada John F. Kennedy pada tahun 1956.

4. Institut Teknologi California

Satu hal dari Institut Teknologi California yang paling mencolok adalah skalanya yang kecil. Kampus ini hanya menampung sekitar 1.000 mahasiswa sarjana dan 1.250 mahasiswa pascasarjana.

Namun demikian, lembaga yang didirikan pada 1891 tersebut telah menghasilkan lulusan-lusan terbaik yang memiliki kontribusi dunia.

Menariknya, lebih dari separuh mahasiswa Caltech, California Technology, menerima dukungan keuangan berdasarkan kebutuhan mereka. Paket bantuan keuangan rata-rata 38.983 dolar atau sekitar 565 ribu rupiah.

5. Institut Teknologi Massachusetts (MIT)

Institut Teknologi Massachusetts didirikan pada pertengahan abad ke-19 dan selalu memberikan bantuan keuangan kepada siswa berdasarkan kebutuhan mereka.

Saat ini, banyak lusan MIT yang dipekerjakan oleh perusahaan top dunia, seperti Google, Amazon, dan Apple.

Itulah top 5 universitas terbaik dunia tahun 2021. Peringkat ini bisa saja berubah setiap tahunnya tergantung dari aspek-aspek yang diuji. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk ikut mencoba mendaftarkan diri di kampus tersebut?

  • Bagikan