Unair Terima Mahasiswa Termuda Jalur SNMPTN 2022, Usianya 14 Tahun

Unair Terima Mahasiswa Termuda Jalur SNMPTN 2022, Usianya 14 Tahun

  • Bagikan
Ratu Sakinatul Aqila, mahasiswa termuda di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya.
Ratu Sakinatul Aqila, mahasiswa termuda di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, Tugujatim.id – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima mahasiswa termuda jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, yaitu Ratu Sakinatul Aqila. Saat ini, dia masih berumur 14 tahun 8 bulan.

Ratu, sapaan akrab Ratu Sakinatul Aqila, mengaku kaget saat menerima pemberitahuan menjadi mahasiswa termuda pada program studi S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair Surabaya.

Dia memang mengikuti program akselerasi MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Kemudian melanjutkan program akselerasi lagi di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik.

Sebagai anak akselerasi, Ratu memiliki ambisi yang sangat besar dalam mencapai nilai akademik. Untuk bisa meraihnya, dia selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru.

Bahkan, sering kali tidur sampai larut malam untuk menyelesaikan berbagai tugas sekolahnya serta mepelajari beberapa hal baru.

“Kalau lihat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” kata Ratu, melalui rilisan pers Unair, Selasa (5/4/2022).

Siswa kelahiran Gresik, 15 Juli 2007 itu mengungkapkan terkadang dirinya hampir menyerah. Namun, karena memiliki lingkungan akselerasi yang penuh semangat membuatnya kembali termotivasi untuk tidak tertinggal.

Kerennya lagi, Ratu juga mengikuti kelas tahfidz dan sudah aktif menghafal Alquran sejak kecil. Kini, dia telah berhasil menghafal sebanyak 15 juz.

Ratu juga sering mengikuti lomba-lomba tahfidz, hingga mendapat penghargaan di tingkat Kabupaten. Pernah menyabet juara 2 bahasa Arab di Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

“Selain mengejar akademik, aku lebih fokus mengejar hafalanku. Karena aku percaya dengan prinsip yang mamaku tekankan sejak kecil, kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti,” jelasnya.

Ratu berharap bisa lulus lebih cepat ketika menempuh studi S1 Ilmu Politik Unair. Dirinya juga berkeinginan bergabung dengan BEM, sambil menuntaskan hafalan Alqurannya.

“Aku ingin membanggakan Indonesia di kancah internasional dan bermanfaat bagi semua orang,” ujar dia.

Ratu berpesan kepada para pejuang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk terus yakin dalam berproses dan jangan lupa berdoa.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil, semangat,” tutupnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan