Wajib Tahu! 4 Fakta Unik Website Fishinfo Jatim - Tugujatim.id

Wajib Tahu! 4 Fakta Unik Website Fishinfo Jatim

  • Bagikan
Tangkapan layar laman website Fishinfo Jatim. (Foto: Website Fishinfo Jatim/Tugu Jatim)
Tangkapan layar laman website Fishinfo Jatim. (Foto: Website Fishinfo Jatim)

Tugujatim.id – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim terus berinovasi mengembangkan teknologi untuk mendukung perekonomian di bidang maritim. Salah satunya dengan meluncurkan website dan aplikasi Fishinfo Jatim.

Piranti lunak ini dapat memberikan informasi perikanan kepada masyarakat, terutama para pelaku usaha di bidang tersebut. Hingga saat ini, website Fishinfo Jatim sudah dikunjungi sekitar 4.838 orang. Lantas apa saja keunikan website dan aplikasi ini? Berikut penjelasannya!

1. Memiliki 4 Menu Utama

Jargon yang muncul di laman website Fishinfo Jatim yang berbunyi “Informasi Perikanan Jatim dalam Satu Genggaman” memang cukup beralasan. Lantaran, melalui website ini, masyarakat luas dapat mengetahui informasi tentang perikanan yang sangat penting bagi dunia usaha.

Website Fishinfo Jatim menampilkan empat menu utama yang terdiri dari menu Harga Ikan, Ketersediaan Ikan, Survei UPT, dan Katalog Produk. Menu-menu tersebut dapat menyuguhkan informasi dan tren ketersediaan ikan di seluruh wilayah Jatim. Selain itu, juga memberikan informasi tentang harga dan tren harga beragam jenis ikan. Bahkan, informasi perikanan ini dilengkapi dengan data tentang ketersediaan ikan di setiap UPT di Jatim.

2. Menu Katalog Produk sebagai Media Branding

Salah satu menu yang menarik yaitu katalog produk. Menu ini menampilkan beragam produk perikanan, baik ikan hias, ikan segar, maupun produk olahan yang ada di seluruh wilayah Jatim. Selain menampilkan produk, menu tersebut juga menampilkan harga dan profil usaha masyarakat di bidang perikanan.

Tentunya, menu ini dapat menjadi media branding produk usaha di bidang perikanan. Jadi, dapat memudahkan pelaku usaha memperluas jangkauan pemasaran produknya.

3. Terdapat Versi Aplikasi Smartphone

Selain dapat diakses melalui website Fishinfo Jatim, layanan informasi perikanan Jatim ini juga dapat diakses dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Google PlayStore. Piranti perangkat lunak milik Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim tersebut dirancang dengan memori yang ringan sehingga tidak memberatkan ruang simpan di ponsel pintar.

4. Bermanfaat sebagai Bahan Analisis Kebijakan

Website dan aplikasi Fishinfo dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha perikanan. Pelaku usaha dapat memantau stok ketersediaan ikan beserta harganya untuk menjamin kelancaran siklus usaha mereka.

Tak hanya itu, mereka dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk mereka di website tersebut. Sementara di level pemerintah sebagai pembuat kebijakan publik, adanya informasi perikanan di website tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dan analisis dalam menentukan kebijakan publik pada bidang perikanan dan kelautan. Hal ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Jatim.

 

  • Bagikan