5 Hal Wajib Diketahui Pengguna Lensa Mata Baru - Tugujatim.id

5 Hal Wajib Diketahui Pengguna Lensa Mata Baru

  • Bagikan
lensa kontak, soft lens. Kesehatan mata, perempuan memakai lensa kontak
Ilustrasi cara menjaga kesehatan mata ketika memakai lensa baru. (Foto: All About Vision)

Mengenakan lensa mata menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang memiliki kekurangan pada mata. Jika dibandingkan dengan kaca mata, penggunaan lensa terkesan lebih praktis saat beraktivitas di luar. Akan tetapi hal ini bukan berarti penggunaannya bebas dari resiko.

Letak penggunaan lensa mata yang tepat di dalam mata kita semakin membutuhkan perawatan lebih daripada kaca mata. Simak 5 hal berikut untuk tetap aman dan nyaman saat menggunakan lensa mata:

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

1. Pastikan tangan bersih saat memasang lensa mata

Poin ini menjadi hal penting yang mendasar bagi pengguna lensa mata. Tangan yang tidak steril akan menyebabkan kuman turut masuk ke dalam mata saat kamu memasang lensa. Tentu kamu tidak ingin menimbulkan iritasi pada mata kesayanganmu kan? Selain bersih juga penting untuk memastikan bahwa tanganmu tidak terkontaminasi dengan bau sabun yang terlalu wangi. Hal ini akan menimbulkan rasa perih pada mata karena kandungan sabun yang melekat di tanganmu berpindah ke lensa mata.

2. Jangan tidur, mandi, dan berenang dengan menggunakan lensa mata

Pria tidur di atas ranjang memegang kepala
Ketika menggunakan lensa mata, jangan digunakan untuk tidur. (Foto: Vision DIrect)

Sudah banyak pengguna lensa mata yang menanyakan hal ini saat baru menggunakan lensa mata. Percayalah jawabannya tetap akan sama dan jangan pernah mencobanya. Air yang kamu gunakan saat mandi ataupun berenang tidak cukup steril untuk lensa mata yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga: Hindari Melakukan 7 Hal ini di Rutinitas Pagi

Hal ini tentu dapat menimbulkan infeksi pada mata. Begitupun saat kamu sedang tidur. Saat kita dalam kondisi terjaga kornea mata dapat menerima oksigen secara langsung. Akan tetapi saat kita tertidur kornea akan menerima sedikit oksigen karena kondisi mata yang tertutup lama. Sehingga menggunakan lensa mata saat tidur hanya akan memperburuk kondisi ini.

3. Jangan menggunakan lensa mata dalam durasi melebihi seharusnya

Pastikan untuk melepas lensa mata jika memang sudah waktunya dan ganti lensa mata sesuai anjuran dokter mata kamu. Jangan gunakan lensa mata melebihi batas waktunya. Hal ini hanya akan memperburuk kondisi kornea mata dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi.

4. Selalu gunakan cairan pembersih baru

Pastikan untuk selalu mengganti cairan pembersih lensa mata setiap kali hendak memakai dan menyimpan lensa mata. Hal ini bertujuan untuk memastikan lensa matamu selalu dalam kondisi steril. Mengganti cairan saat hendak menyimpan juga bertujuan untuk membersihkan lensa mata dari kotoran yang menempel saat kamu gunakan.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

5. Selalu bawa perlengkapan lensa mata saat bepergian

Saat hendak bepergian pastikan untuk mengecek bahwa kamu telah membawa cairan pembersih, tempat lensa mata, dan kaca mata. Jadi, kamu bisa melepas lensa matamu kapanpun ketika mulai terasa tidak nyaman dan menggantinya dengan penggunaan kaca mata.

Kenyamanan matamu adalah yang utama. Selalu pastikan bahwa kehadiran lensa mata bertujuan untuk membantu pengelihatan bukan malah sebaliknya. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: alensa.co.uk & huffingtonpost

  • Bagikan