Cara Membangun Rasa Percaya Diri agar Hidup Lebih Positif - Tugujatim.id

Cara Membangun Rasa Percaya Diri agar Hidup Lebih Positif

  • Bagikan
Ilustrasi membangun kepercayaan diri. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi membangun kepercayaan diri. (Foto: Pixabay)

Setiap orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Kepercayaan diri ini berhubungan dengan keyakinan terhadap suatu kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian,  kepercayaan diri adalah bentuk penilaian diri sendiri terhadap potensi dan kemampuan yang ada dalam dirinya.

Maka dari itu, Sifat kurang percaya diri biasanya muncul karena alasan-alasan tertentu, salah satunya adalah kenangan masa lalu yang buruk. Adakalanya kenangan itu timbul karena perceraian, kekerasan, hingga pelecehan seksual. Kenangan masa lalu tersebut pun bisa menjadi sebuah trauma yang berkepanjangan.

Baca Juga: Banyak Peminat, KBRI London Dorong Bahasa Indonesia jadi Bahasa Internasional

Tingkat kepercayaan diri yang rendah bisa menyebabkan seseorang memiliki karakter yang pemalu. Hal itu tentu berpengaruh dengan kehidupan sosialnya. Rasa percaya diri yang rendah bisa membuat seseorang susah bergaul dengan sekitarnya. Kepercayaan diri bisa dipelajari dan dikembangkan. Oleh sebab itu, kita perlu melatih kepercayaan diri meskipun bisa tumbuh seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun rasa percaya diri

1. Ketahui kelebihan dan kekurangan

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita harus tahu apa kelebihan dan kekuranga masing-masing. Kita bisa membuat daftar yang selanjutnya dianalisis untuk menentukan langkah ke depannya. Ketika seseorang mengetahui kelebihan yang dimiliki, sebaiknya terus mengasah dan menunjukkannya pada dunia luar. Sebaliknya, ketika seseorang menyadari  kekurangan yang dimiliki, mereka tidak boleh meratapi dan menutup diri yang berkepanjangan. Mereka justru harus berjuang agar kelemahan atau kekurangan tersebut tidak menjadi batu sandungan menuju pintu kesuksesan.

2. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Salah satu hal yang harus ditanamkan dalam diri adalah keyakinan bahwa hidup bukan sebuah kompetisi. Apabila hal itu tidak dilakukan, kita sering merasa kalah ketika melihat orang lain yang berada di atas. Kita akan iri terhadap pencapaian orang lain. Kita pun juga merasa selalu ada di bawah dan tidak memiliki kepercayaan diri. Akhirnya tanpa disadari, kita akan sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal membandingkan diri sendiri dengan orang lain membuat kita sulit mengembangkan potensi atau kelebihan yang dimiliki. Selain itu, kita juga tidak bisa menikmati kehidupan dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Berkepanjangan, Lakukan Hal-hal Berikut!

3. Jauhkan rasa takut dan selalu berpikir positif

Pikiran yang baik dan positif akan meningkatkan rasa percaya diri. Setiap orang harus selalu berpikir positif. Jangan selalu terpaku pada pikiran-pikiran negatif tentang apa yang belum pasti terjadi. Kita juga tidak perlu mencemaskan pandangan atau komentar buruk orang lain. Pada dasarnya cacian atau komentar negatif bisa bisa menjatuhkan mental dan kepercayaan diri. Kita harus fokus pada sesuatu yang bisa menjamin kebahagiaan dan kesuksesan. Maka dari itu, usahakan selalu berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang bisa saling mendukung dan mengingatkan.

4. Bersikap baik dengan orang lain

Siapa yang tidak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Semua orang pasti suka. Pada dasarnya, apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Maka dari itu, apabila kita ingin diperlakukan dengan baik, kita juga harus melakukan demikian. Kita bisa mencoba selalu tersenyum dan bersikap ramah kepada orang lain. Kita semua tahu bahwa senyuman itu bisa menular dan membawa energi positif yang baik untuk semua orang. Dengan demikian, kepercayaan diri akan meningkat karena kita menganggap bahwa semua orang itu baik dan mendukung apapun yang akan kita lakukan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kita Harus Bangga jadi Fans Kpop

5. Perbaiki Penampilan

Rasa kurang percaya diri bisa muncul ketika merasa penampilannya kurang menarik. Ya, penampilan memang secara tidak langsung bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Penampilan yang menarik bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maka dari itu, ada baiknya kita memperbaiki penampilan apabila ingin selalu tampil dengan penuh percaya diri. Kita bisa menggunakan pakaian dan tata rias yang menarik untuk lebih percaya diri. Meskipun demikian, ada satu hal yang pelu diingat. Semua pakaian dan riasan itu tidak harus mahal  karena kenyamanan adalah hal yang terpenting dalam setiap penampilan. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan