Menyambut Black Friday, Pesta Belanja Umat Dunia - Tugujatim.id

Menyambut Black Friday, Pesta Belanja Umat Dunia

  • Bagikan
Black Friday, Pesta Belanja Umat Dunia
Ilustrasi pesta belanja Black Friday. (Foto: Pexels)

Acara promo belanja 11.11 mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kamu soal Black Friday? Acara yang rutin digelar setiap tahun ini juga surganya bagi kamu para pemburu diskon dan promo. Di hari ini para penjual akan membuka promo besar untuk hampir setiap jenis produk yang dijualnya.

Apa itu Black Friday?

apa itu black friday
Ilustrasi pesta belanja. (Foto: qwords)

Black Friday mengacu pada event adanya diskon besar-besaran dan semua orang akan berbondong-bondong untuk membeli barang yang mereka inginnkan tanpa khawatir kantong jebol. Kebanyakan barang dijual dengan harga yang sangat miring daripada harga normal. Melalui acara ini, penjual memang sengaja menjual barang-barangnya dengan harga miring. Tentu hal ini menjadi hari baik bagi kamu shopaholic (penggemar belanja) bukan?

Baca Juga: Mengenal Fitur Fleet yang Hadir untuk Warga Twitter

Secara khusus, event ini memang ramai di Amerika Serikat di mana orang-orang akan rela mengantre di depan toko untuk membeli barang bermerek dengan harga murah. Namun, seiring perkembangan zaman virus Black Friday juga menjalar di negara-negara lainnya termasuk di Indonesia. Beberapa toko online juga mulai membuka promo-promo menarik di acara ini sejak tahun 2012 lalu. Selain itu kamu juga bisa melakukan transaksi di toko online internasional yang memberlakukan layanan antar secara internasional.

Kapan Black Friday?

Acara Black Friday dilaksanakan sebagai agenda tahunan setelah perayaan hari Thanksgiving. Seperti namanya acara ini memang selalu diadakan setiap hari Jum’at. Di tahun 2020 ini, Black Friday jatuh pada tanggal 27 November 2020. Promo diskon akan ditawarkan mulai pukul 00.00 sampai 23.59 meskipun beberapa toko online juga ada yang memberi promo lebih awal. Tunggu apa lagi? Pastikan kamu tidak ketinggalan diskon-diskon menarik di acara ini.

Tips belanja di Black Friday?

tips belanja saat black friday
Apa saja tips-tips belanja di event pesta belanja ini? (Foto: Telegraph)

 

Hal umum yang seringkali terjadi saat event ini berlangsung adalah kamu yang mulai gelap mata dan kalap membeli bermacam-macam barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Hal ini tentu tidak baik untuk kondisi keuanganmu. Oleh karena itu lakukan beberapa tips ini untuk tetap nyaman berbelanja saat Black Friday:

Baca Juga: 5 Trik Pencarian Google Andalan untuk Browsing Lebih Tepat

  1. Buat daftar belanjaan

Penawaran yang menggiurkan seringkali membuat kita lupa akan apa yang sebenarnya kita butuhkan. Jadi untuk menghindari pembelian yang impulsif maka kamu perlu membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Hal ini juga akan menghemat waktu dan jangan sampai barang lain membuatmu kehabisan kebutuhan yang memang kamu perlukan.

  1. Cek harga

Black Friday dengan diskonnya yang menggiurkan bisa menjadi trik pemasaran yang efektif bagi para vendor. Sebelum membeli sesuatu pastikan kamu sudah mengecek barang tersebut di toko lainnya karena biasanya para vendor akan menaikkan haga sebelum memberikan potongan diskon.

  1. Jangan panik

Panik hanya akan membuatmu kalah cepat dengan pembeli lainnya. Memang wajar jika pembeli mengalami kepanikan mengingat adanya batas waktu dan jumlah barang yang ditentukan vendor. Namun posisikan dirimu untuk tetap tenang dan fokus dengan barang yang memang kamu inginkan.

  1. Siapkan saldo pembayaran

Saat berburu harga murah, tips ini menjadi krusial karena kamu harus segera melakukan pembayaran sebelum orang lain. Oleh karena itu pastikan kamu sudah menyiapkan metode pembayaran yang berlaku beserta saldonya. Apabila kamu melakukan transaksi di luar negeri maka pastikan untuk menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Baca Juga: Kala Burung Kakaktua Jambul Kuning Hanya Tersisa 25 Ekor di Habitat Asli Mereka

  1. Pastikan koneksi internet stabil

Koneksi internet ini diibaratkan seperti alat tempur kamu untuk berjuang mendapatkan barang murah di acara Black Friday ini. Jangan sampai ketika kamu hendak membeli atau melakukan pembayaran koneksi internet menjadi penghambat. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: qwords.com, shopback.co.id, telegraph.co.uk

  • Bagikan